Pengertian Dan Macam-Macam Siklus Hidrologi Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

Pengertian Dan Macam-Macam Siklus Hidrologi Menurut Para Ahli Terlengkap – Mendengar kata hidrologi asing terdengar ditelinga kita, tapi hidrologi ialah suatu Cabang ilmu geografi yang mempelajari seputar pergerakan, distribusi, dan kualitas air yang ada dibumi serta siklus hidrologi dan sumber daya air. Untuk lebih jelasnya lagi marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

hidrologi

Pengertian Hidrologi

Pengertian hidrologi yaitu suatu Cabang ilmu geografi yang mempelajari seputar pergerakan, distribusi, dan kualitas air yang ada dibumi. Ilmu hidrologi dikenal sejak zaman 1608 M. Hidrologi adalah ilmu yang mengkaji suatu kehadiran dan pergerakan air dibumi. Dalam kajian hidrologi ini meliputih potamalog (aliran permukaan), geohidroligi (air tanah), hidrometeorologi (air yang ada di udara dan berwujud gas), limnologi (air permukaan yang relatif tenang seperti danau, dan waduk), kriologi (air berwujud padat seperti es dan salju). Orang yang mempelajari ini hidrologi disebut dengan hidrologist.

Pengertian Hidrologi Menurut Para Ahli

1. Singh (1992)

Menurut  Singh menyatakan bahwa hidrologi ialah suatu ilmu yang membahas tentang karakteristik menurut waktu dan ruang tentang kuantitas dan kualitas air dibumi termasuk suatu proses hidrologi, pergerakan, penyebaran, sirkulasi tampungan, eksplorasi, pengembangan dan manajemen.

2. Marta dan Adidarma (1983)

Menurut Marta dan Adidarma  menyatakan bahwa hidrologi ialah suatu ilmu yang mempelajari tentang terjadinya suatu pergerakan dan distribusi air di bumi baik diatas maupun ataupun di bahwa permukaan bumi, tentang sifat kimia dan fisika air dengan suatu reaksi terhadap lingkungan dan hubungannya dengan kehidupan.

loading...

3. ay K. Linsley dalam Yandi Hermawan (1986)

menurut Ray K. Linsley dalam Yandi Hermawan menyatakan bahwa hidrologi ialah suatu ilmu yang membicarakan tentang air yang ada dibumi yakni mengenai tentang kejadian, perputaran dan pembagiannya, sifat fisika dan kimia serta reaksinya terhadap suatu lingkungan termasuk hubungan dengan kehidupan.

Baca Juga refrensi artikel terkaitnya disini :

 

Macam-Macam Siklus Hidrologi

Proses terjadinya sebuah siklus hidrologi dibedakan menjadi 3 macam, yaitu sebagai berikut ini :

  • Siklus Pendek, Yaitu menguapnya air laut menjadi uap gas karna adanya panas dari matahari lalu terjadi suatu kondensasi untuk membentuk awan yang pada akhirnya jatuh ke permukaan laut.
  • Siklus Sedang : Yaitu menguapnya air laut menjadi uap gas karna adanya panas dari matahari lalu terjadi suatu evaporasi yang terbawa angin dan membentuk awan yang pada akhirnya jatuh ke permukaan daratan lalu kembali ke lautan.
  • Siklus Panjang : Yaitu menguapnya air laut menjadi uap gas karna adanya panas dari matahari lalu uap air untuk mengalami sublimasi dan membentuk awan yang mengandung kristal es dan pada akhirnya jatuh dalam bentuk salju yang kemudian akan membentuk gletser yang mencair membentuk aliran sungai dan kembali kelaut.

Itulah ulasan tentang Pengertian Dan Macam-Macam Siklus Hidrologi Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga    apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.