Pengertian, Dan Macam-Macam Jenis Psikotropika Beserta Dampak Penggunaannya Lengkap

bitar

Pengertian, Dan Macam-Macam Jenis Psikotropika Beserta Dampak Penggunaannya Lengkap – Mendengar kata psikotropika terdengar asing bagi kita, tapi jika mendengar macam-macam jenis psikotropika salah satu nya shabu-shabu sering kita dengar di berita-berita televisi ataupun di media massa. karna penyalahgunaan dari psikotropika tersebut membuat sih pemakai akan terjerat hukuman sesuai dengan hukuman yang berlaku.

psikotropika

Pengertian Psikotropika

Psikotropika adalah suatu zat atau obat yang bisa berpengaruh pada pikiran dan sistem saraf penggunanya. Psikotropika ini bisa didapat secara alamiah maupun buatan manusia (sintetik) yang bersifat psikoaktif dan berpengaruh pada susunan saraf pusat sehingga akan menyebabkan perubahan pada aktivitas mental dan perilaku.

Psikotropika bisa menurunkan kinerja otak atau merangsang susunan syaraf pusat sehingga akan menimbulkan kelainan perilaku yang disertai dengan timbulnya halusinasi, ilusi, gangguan cara berpikir, dan mengakibatkan ketergantungan.

Penggunaan psikotropika secara berlebihan bisa menyebabkan gangguan kesehatan penggunanya yang pada akhirnya dapat berujung kepada kematian.

Macam-Macam Jenis psikotropika

Berdasarkan efek yang ditimbulkan, psikotropika bisa dikelompokkan menjadi obat stimulan, depresan, dan halusinogen.

1. Obat Stimulan

Jenis psikotropika yang satu ini merupakan termasuk obat stimulan yang bisa memberikan rangsangan kepada syaraf sehingga bisa menimbulkan efek lebih percaya diri. Banyak jenis psikotropika yang termasuk obat stimulan, contohnya :  kafein, kokain, ganja, dan amfetamin. Zat amfetamin biasanya terdapat pada pil ekstasi.

2. Obat Depresan

Jenis psikotropika yang satu ini merupakan termasuk obat depresan yang bisa memberikan efek, yakni kerja sistem saraf berkurang, menurunkan kesadaran, dan mengantuk. Jenis zat yang termasuk obat depresan, contonhya : alkohol, sedatin atau pil BK, Magadon, Valium, dan Mandrak (MX), Cannabis dan Barbiturat.

3. Obat Halusinogen

Jenis psikotropika yang satu ini merupakan Obat halusinogen yang bisa menimbulkan halusinasi, yakni mendengar atau melihat sesuatu yang tidak nyata. Contohnyanya : yaitu Licercik Acid Dhietilamide (LSD), psylocibine, micraline dan mariyuana.

Dampak Pengguna psikotropika

Beberapa dampak negatif yang ditimbulkan dari penggunaan zat psikotropika yaitu sebagai berikut:

  • Berbagai macam zat narkotika seperti candu, heroin, dan ganja bisa menyebabkan syaraf terganggu dan menimbulkan ketagihan yang pada akhirnya akan berujung kepada kematian.
  • Kokain bisa menimbulkan rasa takut yang berlebihan dan menimbulkan depresi.
  • Morfin akan menimbulkan rasa ngantuk, gangguan pernapasan, bahagia yang berlebihan (eufhoria), dan kematian.
  • Pil ekstasi bisa mengakibatkan rasa lelah dan ketenangan.
  • Barbiturat bisa menimbulkan mudah tertidur lelap dan dapat menimbulkan kematian.

ituah ulasan tentang Pengertian, Dan Macam-Macam Jenis Psikotropika Beserta Dampak Penggunaannya Lengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

Baca juga refrensi artikel terkait lainnya disini :

Most popular articles related to Pengertian, Dan Macam-Macam Jenis Psikotropika Beserta Dampak Penggunaannya Lengkap
Shares