pengertian meristem
pengertian meristem

Pengertian dan Macam-Macam Jaringan Meristem

Posted on

Pengertian Jaringan Meristem 

Pengertian dan Macam-Macam Jaringan Meristem – Titik tumbuh pada suatu tanaman ditentukan oleh adanya jaringan meristem . Pengertian meristem menurut definisi para ahli biologi itu mengatakan bahwa pengertian jaringan meristem ialah jaringan yang sel-selnya yang bersifat embrional yang untuk mampu terus menerus membelah diri dan menambah jumlah sel tubuh.

pengertian meristem
pengertian meristem

Meristem tersebut hanya terdapat pada bagian tertentu dari tubuh tumbuhan. Macam-macam atau jenis-jenis meristem tersebut dibedakan menjadi 2(dua) macam atau jenis yaitu :

  1. macam-macam jaringan meristem berdasarkan letaknya
  2. macam-macam jaringan meristem berdasarkan asalnya.

Pengertian dan Jenis-Jenis Jaringan Meristem

Macam-Macam Jaringan Meristem Berdasarkan Asalnya

Macam-macam jaringan meristem  berdasarkan asalnya tersebut terbagi atas 3 bagian yaitu :

1. Promeristem
Promeristem ialah jaringan yang telah ada pada saat tumbuhan masih didalam keadaan fase embrio ataupun masih dalam tingkatan embrio.

2. Meristem Primer
Meristem Primer ialah jaringan yang ditemukan pada suatu tumbuhan dewasa yang sel-selnya masih membelah yang terdapat di bagian ujung akar dan juga bagian ujung batang, sehingga dapat menyebabkan tumbuhan tumbuh dengan tinggi.

3. Meristem Sekunder
Meristem Sekunder ialah jaringan yang berasal dari meristem primer yang merupakan dari hasil perkembangan dari meristem primer.

Macam-Macam Jaringan Meristem Berdasarkan Letaknya

Macam-macam jaringan meristem berdasarkan letaknya terbagi atas 3 ialah sebagai berikut :

1. Meristem Apikal
Meristem apikal disebut juga dengan meristem ujung disebabkan karena terdapat di ujung akar dan juga ujung batang. jadi meristem apikal ialah meristem yang terdapat pada ujung akar dan juga pada ujung batang. Meristem ujung yang terdapat pada ujung akar itu memungkinkan membuat jalinan didalam tanah sehingga dapat memperoleh air yang dibutuhkan oleh tumbuhan sedangkan pada ujung batang tersebut dihasilkan sel-sel baru yang akan dapat membentuk daun.

Meristem apikal tersebut terdapat pada tumbuhan paku-pakuan, biji terbuka, maupun juga pada tumbuhan biji tertutup.

Jaringan meristem diujung batang tersebut menghasilkan sel-sel baru dan juga menumbuhkan primordial daun yang nantinya akan tumbuh menjadi daun. Titik pada batang ialah sebagai tempat berkembangnya daun yang dinamakan dengan bongkol. Jarak antar bongkol pada ujung batang tanaman tersebut sangat berdekatan, sedangkan daun-daun tersebut juga berkembang dengan cepat.

2. Meristem Interkalar
Meristem Interkalar disebut juga dengan meristem antara disebabkan terdapat di antara jaringan-jaringan dewasa,, meristem interkalar ialah meristem yang terdapat diantara meristem primer dan juga pada jaringan dewasa. Meristem semacam tersebut dijumpai pada tumbuhan yang batangnya beruas-ruas, Contohnya ialah keluarga rumput-rumputan. Pemanjangan ruas tersebut terjadi dikarenakan proses pembelahan sel membentuk suatu sel-sel sejajar dan juga sel-sel muda yang akan menjadikan ruas makin membentang dan juga akan bertambah panjang.

3. Meristem Lateral
Meristem Lateral disebut juga dengan meristem samping dikarenakan letaknya yang sejajar dengan permukaan organ, jadi meristem lateral tersebut ialah meristem yang menyebabkan pertumbuhan di meristem sekunder. Yang termasuk meristem lateral ialah kambium dan juga felogen ataupun kambium gabus. Kambium tersebut terdapat pada tumbuhan berbiji terbuka dan juga tumbuhan dikotil.

Demikian Penjelasan tentang Pengertian dan Macam-Macam Jaringan Meristem Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca Gurupendidikan.com 🙂