Pengertian Dan Jenis Piramida Makanan Beserta Contohnya Terlengkap

bitar

Pengertian Dan Jenis Piramida Makanan Beserta Contohnya Terlengkap – Dalam sebuah ekosistem, tumbuhan sebagai produsen yang mempunyai jumlah populasi yang lebih besar dibandingkan dengan tingkat trofik lainnya. Jumlah dari popolasi produsen lebih besar dari konsumen I, konsumen II, konsumen III dan seterusnya hingga sampai dengan konsumen puncak. Berdasarkan dari perbedaan tingkat populasi ini bisa digambarkan sebuah diagram berbentuk piramida. Untuk lebih jelasnya tentang apa yang dimaksud dengan piramida marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

Pengertian Piramida Makanan

Piramida makanan adalah suatu gambaran secara umum yang berhubungan antar komponen biotik dalam sebuah ekosistem. Berbeda dengan rantai makanan, piramida makanan ini menggambarkan sebuah interaksi antar komponen biotik lebih dari sekedar suatu peristiwa makan dan dimakan dalam sebuah rantai makanan. Piramida ini menggambarkan hubungan antar organisme pada setiap tingkat trofiknya. Hubungan yang terbentuk antar suatu organisme dalam piramida makanan yaitu kerucut, seperti piramid. Dalam sebuah peristiwa makan dan dimakan atau rantai makanan yang sudah dibahas sebelumnya ini menggambarkan sebuah interaksi predasi antar organisme dalam satu garis lurus (linear). Sementara dalam piramida makanan ini menunjukan suatu jumlah organisme dalam tingkat trofik suatu ekosistem

Jenis-Jenis Piramida Makanan

1. Piramida Populasi
Pada jenis piramida yang satu ini menggambarkan bahwa organisme yang menempati tingkat trofik lebih rendah mempunyai populasi lebih besar dibandingkan dengan organisme yang bertingkat trofik lebih tinggi. Dasar dari piramida yang satu ini ditempati oleh produsen yang mempunyai jumlah populasi yang lebih besar. Sedangkan, ujungnya dihuni oleh beberapa individu konsumen puncak. Dan diantara dasar dan ujungnya diduduki oleh beberapa tingkatan konsumen. Jumlah populasi konsumen I lebih besar dibandingkan dengan konsumen II, dan konsumen II lebih besar dibandingkan dengan konsumen III.

Piramida populasi disebut sebagai penyeimbang dari populasi setiap organisme. Sudah sewajarnya sebuah organisme yang menjadi mangsa lebih besar jumlahnya dibandingkan dengan organisme pemangsa. Dengan demikian sumber makanannya tak akan pernah habis. jika sebaliknya jumlah pemangsa lebih besar, maka yang akan terjadi yaitu kepunahan dari suatu organisme

2. Piramida Biomassa
Piramida biomassa yaitu seperti namanya yang menggambarkan suatu perpaduan massa semua organisme di suatu lingkungan atau habitat tertentu. Kemudian berat dari setiap organisme diukur dalam gram. Pengukuran pada biomassa pada setiap tingkat trofik ini berdasarkan berat rata-rata organisme dengan memperkirakan jumlahnya. piramida ini lebih akurat dalam menunjukkan suatu hubungan kuantitatif biomassa dalam sebuah ekosistem.

Ada dua jenis piramida biomassa yakni :

  • Piramida tegak yaitu piramida yang massa gabungan dari semua produsen lebih besar daripada massa gabungan dari setiap tingkatan konsumennya. Piramida tegak biasanya menggambarkan suatu ekosistem darat.
  • Piramida Terbalik yaitu jenis piramida yang menggambarkan massa gabungan dari produsen-produsennya yang lebih kecil dari massa gabungan dari konsumennya. Contoh dari piramida ini yakni ekosistem perairan.

3. Piramida Energi
Pada piramida energi ini terjadi penurunan energi pada setiap tingkat trofik. Semakin tinggi tingkat trofiknya jumlah energi akan semakin mengecil. yang Artinya, produsen sebagai tingkat trofik pertama yang memiliki energi yang lebih besar dibandingkan dengan konsumen-konsumen ditingkat trofik yang lebih tinggi. Semakin mengecilnya jumlah energi pada setiap trofik dikarenakan adanya beberapa sebab. Diantaranya seperti :

  • Hanya sebagian makanan tertentu saja yang bisa dimakan oleh tingkat trofik selanjutnya.
  • Tidak semua makanan yang dimakan bisa dicerna melainkan dikeluarkan menjadi kotoran.
  • Sebagian makanan yang dimakan dicerna menjadi bagian dari tubuh organisme,
  • sedangkan pada sisanya sebagai sumber energi.

Contoh Piramida Makanan

piramida-makanan

Penjelasnnya:

  • Phytoplankton, yakni sebagai suatu produsen karena di perairan plankton ini bisa berfotosintesis dan menghasilkan suatu cadangan makanan.
  • Ikan, yaitu sebagai konsumen tingkat 1 diperairan, ikan akan memakan semua phytoplankton sebagai makanannya.
  • Anjing laut, yaitu sebagai konsumen tingkat 2 di perairan, anjing laut ini akan memakan ikan sebagai makanannya.
  • Paus pembunuh, yaitu sebagai konsumen tingkat 3 atau tingkat akhir, salah satu makannya yaitu anjing laut. Jadi paus jenis ini bisa digolongkan sebagai konsumen tingkat akhir.

Itulah ulasan tentang Pengertian Dan Jenis Piramida Makanan Beserta Contohnya Terlengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

Baca juga artikel terkait lainnya disini :

Most popular articles related to Pengertian Dan Jenis Piramida Makanan Beserta Contohnya Terlengkap
Shares