Pengertian Dan Fungsi Lambung Pada Pencernaan Manusia

Aris Kurniawan

Lambung

Pengertian Dan Fungsi Lambung Pada Pencernaan Manusia– Lambung atau ventrikel dalam bentuk kantong atau organ yang terletak di bawah diafragma.

Fungsi Lambung

Fungsi lambung pada umumnya adalah tempat di mana makanan dicerna dan sejumlah kecil sari-sari makanan yang diserap. Hull dapat dibagi menjadi tiga wilayah, yaitu daerah

  1. Kardia, area pintu masuk makanan dari kerongkongan itu sendiri.
  2. Pusat fundus, bentuk bulat.
  3. Pilorus adalah bagian bawah, daerah yang berhubungan dengan usus 12 jari sering disebut duodenum.

Dinding lambung disusun menjadi empat lapisan, yaitu:

1. Mukosa adalah lapisan di mana sel-sel mensekresi berbagai jenis cairan, seperti enzim, asam lambung, dan hormon. Lapisan ini berbentuk seperti palung untuk meningkatkan rasio antara daerah dan volume meningkatkan volume asam lambung yang dapat dikeluarkan.

2. Submukosa adalah lapisan di mana arteri dan vena dapat ditemukan untuk mendistribusikan nutrisi dan oksigen ke sel-sel perut sekaligus untuk membawa nutrisi yang diserap, urea, dan karbon dioksida dari sel.

3. Lapisan otot dari otot-otot perut yang membantu dalam pencernaan mekanis. Lapisan ini dibagi menjadi tiga lapisan otot, yang merupakan otot melingkar, memanjang, dan diagonal. Jenis ketiga kontraksi otot dan lapisan yang dihasilkan

4. Peristaltik menyebabkan makanan di perut bergejolak. Lapisan terluar adalah serosa berfungsi sebagai lapisan pelindung lambung. Sel-sel di lapisan ini mengeluarkan sejenis cairan untuk mengurangi gaya gesekan antara perut dengan anggota tubuh lainnya.

Fungsi Lambung

Fungsi Lambung

Di lapisan mukosa ada 3 jenis sel yang berfungsi dalam pencernaan, yaitu:

  1. Sel goblet berfungsi untuk menghasilkan lendir atau lendir untuk menjaga lapisan luar sel-sel yang tidak hancur oleh enzim pepsin dan asam lambung.
  2. Sel parietal berfungsi untuk menghasilkan asam lambung yang berguna dalam pengaktifan enzim pepsin. Diperkirakan bahwa sel parietal menghasilkan 1,5 mol dm-3 asam lambung yang membuat tingkat keasaman dalam lambung mencapai pH 2.
  3. Sel chief berfungsi untuk memproduksi pepsinogen, yaitu enzim pepsin dalam bentuk tidak aktif. Memproduksi sel utama dalam bentuk tidak aktif dari enzim yang tidak mencerna protein yang dimiliki oleh sel-sel yang dapat menyebabkan kematian pada sel-sel ini.

Pada bagian dalam dinding lambung adalah kelenjar yang memproduksi asam lambung. Aroma, bentuk, warna, dan rasa refleks makanan akan menyebabkan sekresi asam lambung. Lambung asam lambung cairan yang mengandung (HCI), pepsin, musin, dan renin. Asam lambung bertindak sebagai pembunuh mikroorganisme dan enzim mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin.

  1. Pepsin adalah enzim yang dapat mengkonversi protein menjadi molekul yang lebih kecil.
  2. Musin adalah protein mukosa yang dibuka makanan.
  3. Renin adalah enzim khusus hadir hanya pada mamalia, bertindak sebagai kaseinogen ke kasein. Kasein digumpalkan oleh Ca2 + dari susu yang bisa dicerna oleh pepsin. Tanpa susu renim dalam bentuk cair akan melewati hanya di dalam lambuing dan usus tanpa waktu untuk mencerna.
  4. HCl (asam klorida) adalah enzim yang berguna untuk membunuh kuman dan bakteri pada makanan.

Bekerja enzim pencernaan dan otot perut mengubah makanan menjadi bubur lembut, disebut chyme (kim) atau bubur makanan. Pilorus bagian dari otot perut menyesuaikan kim menghabiskan sedikit demi sedikit dalam duodenum. Caranya, otot pilorus yang mengarah ke relaksasi lambung (slack) jika tersentuk asam kim.

Sebaliknya, otot pilorus yang mengarah ke duodenum untuk kontrak (menyusut) bila disentuh kim. Jadi, misalnya, asam Kim tiba di depan pilorus itu, pilorus akan terbuka, sehingga makanan lewat. Oleh karena itu makanan asam belakang pilorus, penutupan pilorus. Makanan dicerna penurunan sehingga keasamanya.

Makanan alkali akan merangsang pilorus pilorus kembali untuk membuka. Akibatnya, asam makanan dari lambung ke duodenum. Dll Jadi, makanan melewati pilorus ke urutan gumpal gumpal duodenum demi makanan yang dapat dicerna secara efektif. Setelah 2-5 jam, kembali perut kosong. Dikutip dari: https://id.wikipedia.org/

Ada oksintik kelenjar lambung yang menghasilkan hormon GHS. Hormon lain disekresikan termasuk GHIH.

Asam Lambung

Asam lambung adalah gejala ulkus lambung mana terkena cedera atau peradangan, karena pola makan yang tidak teratur dan dapat menyebabkan rasa sakit dan mual. Hal ini terjadi karena lambung memproduksi asam untuk mencerna makanan dalam keadaan jadwal rutin. Bahkan, ketika tidur masih memproduksi asam lambung meskipun tidak ada makanan yang harus dihancurkan.

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Dan Fungsi Lambung Pada Pencernaan Manusia Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com 😀

Most popular articles related to Pengertian Dan Fungsi Lambung Pada Pencernaan Manusia
Shares