Pengertian Dan Faktor Penyebab Kesenjangan Sosial Beserta Cara Mengatasinya. Terlengkap

bitar

Pengertian Dan Faktor Penyebab terjadinya Kesenjangan Sosial Beserta Cara Mengatasinya Terlengkap – Kesenjangan sosial ?? kesenjangan sosial merupakan ketidak seimbangan sosial dalam hal kuliatas hidup yang sangat mencolok. kesenjangan sosial bisa terjadi negara manapun, tidak terkecuali di Indonesia yang masih banyak dalam hal kesenjangan sosialnya. Untuk lebih jelasnya lagi tentang kesenjangan sosial secara lengkap marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

kesenjangan sosial

Pengertian Kesenjangan Sosial

Kesenjangan sosial adalah sesuatu yang menjadi suatu mimpi buruk atau tugas besar bagi pemerintah untuk diselesaikan. Dimana kesenjangan sosial adalah suatu masalah yang sukar untuk diselesaikan karena berhubungan dengan aspek-aspek yang harus diketahui secara mendalam dan pendekatan lebih dalam serta adanya saling keterkaitan diberbagai aspek. Kesenjangan sosial adalah suatu keadaan ketidak seimbangan sosial yang ada didalam masyarakat misalnya antara si kaya dan si miskin.

Faktor Penyebab Kesenjangan Sosial

1. Perbedaan sumber Daya Alam

Sumber daya alam berhubungan erat dengan tingkat perekonomian suatu daerah. Apabila dapat memanfaatkan suber daya alam dengan baik, laju perekonomian suatu daerah akan meningkat, begitu juga sebaliknya, tingkat perekonomian suatu daerah rendah apabila masyarakat tidak dapat memanfaatkan sumber daya alam secara maksimal.

2. Kebijakan Pemerintah

Terkadang kebijakan pemerintah dapat menyebabkan kesenjangan sosial. misalnya kebijakan tentang program transmigrasi. Ketika warga pendatang lebih cepat maju dibandingkan dengan warga asli, ketimpangan sosial dapat terjadi. Ketimpangan tersebut terjadi karena ada ketidak setaraan antar dua kelompok yang seharusnya dapat berkembang bersama-sama.

Baca juga refrensi artikel terkaitnya disini :

3. Pengaruh Globalisasi

Masyarakat yang mampu menyikapi globalisasi secara tepat akan mampu memanfaatkan globalisasi untuk mencapai kemajuan. Sementara itu, masyarakat yang tidak mampu memnafaatkan globalisasi secara tepat tidak akan mampu mengambil kesempatan yang ditawarkan globalisasi. bahkan mengalami ketertinggalan.

4. Faktor Demografis

Kondisi Demografis menunjukan tingkat pertumbuhan dan struktur kependudukan, tingkat pendidikan, tingkat kesehatan, perbedaan kondisi ketenaga kerjaan, serta segala hal yang berkaitan dengan penduduk.  Perbedaan kondisi demografis suatu daerah dapat menyebabkan terjadinya ketimpangan sosial karena perbedaan produktivitas kerja masyarakat pada setiap daerah.

5. Letak dan Kondisi Geografis

Letak dan kondisi geografis Indonesia mempengaruhi tingkat pembangunan suatu masyarakat. Masyarakat yang tinggal didataran rendah pada umumnya lebih mudah membangun berbagai infrastruktur, sementara itu masyarakat yang tinggal dataran tinggi memerlukan waktu dan proses panjang dalam pembangunan yang terkendala oleh bentang alam yang menanjak dan tidak merata.

Cara Mengatasi Kesenjangan Sosial

  • Dalam hal pendidikan harus diutamakan
  • Membuka lapangan pekerjaan agar tidak adanya penganguran
  • Membrantas korupsi agar tidak ada lagi yang korupsi
  • Meningkatkan sebuah sistem peradilan di Indonesia dan melakukan pengawasan ketat dari mafia peradilan. agar yang mempunyai kekuasan tidak semana-mena sama rakyat kecil.

Itulah ulasan tentang Pengertian Dan Faktor Penyebab terjadinya Kesenjangan Sosial Beserta Cara Mengatasinya Terlengkap . Semoga apa yang diulas diata bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

Most popular articles related to Pengertian Dan Faktor Penyebab Kesenjangan Sosial Beserta Cara Mengatasinya. Terlengkap
Shares