Pengertian Dan Dampak Tenaga Tektonik Beserta 2 Perbedaan Geraknya Terlengkap

bitar

Pengertian Dan Dampak Tenaga Tektonik Beserta 2 Perbedaan Geraknya Terlengkap – Sering sekali di Indonesia mengalami tenaga tektonik, Apa sih tenaga tektonik itu. Oleh karena itu disini akan mengulas lengkap tenaga tektonik secara lengkap. Untuk itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

tenaga tektonik

Pengertian Tenaga Tektonik

Tektonisme atau tenaga tektonik merupakan suatu tenaga geologi yang asalnya dari dalam bumi dengan arah vertikal atau horizontal yang mengakibatkan suatu perubahan letak lapisan batuan yang membentuk sebuah permukaan bumi. Dalam proses ini menghasilkan suatu lipatan dan patahan, baik dalam ukuran besar ataupun ukuran kecil. Pada gerakan tektonisme juga bisa disebut dengan istilah dislokasi.

Berdasarkan pada kecepatan gerak dan luas daerahnya, tektonisme ini dibedakan menjadi dua yakni :

1. Gerak Epirogenesa
Gerak Epirogenesa ialah suatu gerakan tenaga tektonik yang sangat lambat dan yang meliputi wilayah sangat luas. pada gerak epirogenesa ini dibedakan menjadi gerak epirogenesa positif dan epirogenesa negatif.

2. Gerak Orogenesa
Gerak Orogenesa ialah suatu gerak tenaga tektonik yang relatif cepat dan yang meliputi wilayah relatif sempit. Gerak orogenesa ini membentuk sebuah pegunungan, seperti pegunungan, Gerak orogenesa ini yang menimbulkan lipatan, patahan, dan retakan batuan.

  • Lipatan, Lipatan batuan terbentuk oleh suatu tenaga dari dalam bumi. Dalam tekanan yang tidak terlalu kuat dan berlangsung dalam waktu cukup yang lama menyebabkan pada lapisan batuan kerak bumi mengerut atau melipat. Pada pengerutan atau pelipatan batuan bisa membentuk pegunungan. Pada bagian puncak atau punggung lipatan disebut dengan antiklinal dan bagian lembah disebut siniklinal.
  • Patahan, Selain melipat, batuan pada kerak bumi dapat patah. Patahan ini terjadi jika tenaga yang menggerakan suatu kerak bumi sangat kuat dan berlangsung singkat. Blok atau bagian pada permukaan bumi yang patah dan turun disebut dengan graben/slenk. Sementara pada bagian yang patah dan terangkat disebut dengan horst.

Baca juga refrensi artikel terkaitnya :

Dampak Tenaga Tektonik

Tenaga Tektonik juga mempunyai dampak dalam kehidupan sehari-hari, yaitu sebagai berikut :
1. Dampak positif
Akan ditemukan nya suatu kantong-kantong minyak dan gas alam dilipatan-lipatan dan sesar-sesar batuan pada suatu kondisi tertentu.

2. Damapak Negatif
Akan menimbulkan bencana alam seperti gempa, dan tanah longsor.

Pada kesimpulan nya Tektonisme atau tenaga tektonik yaitu sebuah tenaga geologi yang asalnya dari dalam bumi dengan suatu arah vertikal atau horizontal yang akan mengakibatkan suatu perubahan letak lapisan batuan yang membentuk suatu permukaan bumi. Proses ini menghasilkan suatu lipatan dan patahan, baik dalam ukuran besar ataupun ukuran kecil. dan memiliki dampak positif dan negatif dari yang ditimbulkan pada tenaga tektonik.

Itulah ulasan tentang Pengertian Dan Dampak Tenaga Tektonik Beserta 2 Perbedaan Geraknya Terlengkap. Semoga apa yang diulasa diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

Most popular articles related to Pengertian Dan Dampak Tenaga Tektonik Beserta 2 Perbedaan Geraknya Terlengkap
Shares