Modernisasi
Modernisasi

Pengertian Dan Dampak Modernisasi Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian Modernisasi

Pengertian Dan Dampak Modernisasi Menurut Para Ahli – Modernisasi didalam ilmu sosial merujuk ke arah sebuah bentuk transformasi dari suatu keadaan yang kurang maju atau juga kurang berkembang ke pada yang lebih baik dengan harapan yakni akan tercapainya  kehidupan masyarakat yang lebih maju, berkembang, dan juga makmur.

Modernisasi
Modernisasi

Diungkapkan juga modernisasi ialah hasil dari suatu kemajuan ilmu pengetahuan serta juga teknologi yang terus berkembang dari dulu sampai sekarang ini. Tingkat pada teknologi dalam membangun suatu modernisasi betul-betul dirasakan dan juga dinikmati dari semua lapisan masyarakat, dari kota metropolitan sampai juga ke desa-desa terpencil.

Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli

  • Menurut Wilbert E Moore yang menyatakan modernisasi ialah suatu transformasi total pada kehidupan bersama yang tradisional atau juga pra modern dalam arti teknologi dan juga organisasi sosial ke arah suatu pola-pola ekonomis dan juga politis yang menjadi suatu ciri Negara barat yang stabil.

  • Menurut J W School, modernisasi ialah suatu transformasi, suatu perubahan pada masyarakat ke dalam segala aspek-aspeknya.

Dampak Positif Dan Juga Dampak Negatif dalam Modernisasi

Baca juga Pengertian Dan Dampak Dari Globalisasi

Dampak Positif

Dampak positif dari teknologi modernisasi ialah sebagai berikut.

  • Perubahan Tata Nilai dan Sikap
    Adanya modernisasi pada zaman sekarang ini dapat dilihat dari cara pola pikir masyarakat yang irasional yang menjadi rasional.

  • Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi.
    Dalam berkembangnya ilmu pengetahuan dan juga teknologi , masyarakat tersebut menjadi lebih mudah dalam beraktivitas dan juga mendorong untuk dapat berpikir lebih maju, perkembangan ilmu pengetahuan serta juga teknologi pula yang dapat membentuk masa modernisasi yang selalu terus berkembang dan juga maju di waktu sekarang ini.

  • Tingkat Kehidupan yang lebih Baik
    Dibukanya suatu industri atau industrialisasi dengan berdasarkan teknologi yang sudah maju menjadikan suatu nilai dalam memproduksi suatu alat-alat komunikasi dan juga transportasi yang canggih, serta juga adalah salah satu usaha untuk dapat mengurangi pengangguran dan juga untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, hal tersebut juga dipengaruhi dengan tingkat ilmu pengetahuan serta juga teknologi yang membantu perkembangan suatu modernisasi.

Dampak Negatif

Dampak negatif teknologi modernisasi adalah sebagai berikut.

  • Pola Hidup Konsumtif
    Dalam Perkembangan teknologi industri yang sudah modern dan juga semakin cepat membuat penyediaan barang kebutuhan masyarakat juga akan melimpah. Dengan hal tersebut masyarakat mudah tertarik untuk dapat menkonsumsi barang dengan banyak pilihan yang selalu  ada, sesuai dengan suatu kebutuhan masing – masing pada tiap individu.

  • Sikap Individualistik
    Masyarakat tersebut alam merasa dimudahkan dengan kemajuan teknologi yangf membuat mereka merasa tidak  membutuhkan orang lain didalam melakukan beraktivitas. Padahal pada dasarnya manusia diciptakan sebagai makhluk sosial.

  • Gaya Hidup Kebarat-baratan
    Tidak semua dalam budaya Barat itu baik dan juga cocok diterapkan di Indonesia. Budaya negatif yang sudah mulai menggeser budaya asli ialah salah satunya anak tidak lagi hormat kepada orang tua, kehidupan yang bebas pada remaja , dan lain sebagainya .

  • Kesenjangan Sosial
    Jika dalam suatu komunitas masyarakat tersebut hanya terdapat beberapa individu yang dapat mengikuti suatu arus modernisasi dan juga globalisasi maka akan dapat memperdalam jurang pemisah antara satu dengan yang lainnya . Dengan kata lain ialah bahwa individu yang terus dapat mengikuti perkembangan zaman tersebut mempunayai kesenjangan tersendiri terhadap individu dengan  yang tidak dapat mengikuti proses modernisasi tersebut. Hal tersebut dapat menimbulkan suatu kesenjangan sosial antara yang satu dengan lainnya, yang bisa disangkutkan ialah  sebagai suatu sikap individualistik.

  • Kriminalitas
    Kriminalitas tersebut sering terjadi di kota-kota besar disebabkan karena menipisnya rasa kekeluargaan dan sikap yang individualisme serta juga adanya suatu tingkat persaingan yang tinggi dan juga pola hidup yang konsumtif.

Demikian Penjelasan tentang Pengertian Dan Dampak Modernisasi Menurut Para Ahli Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca Gurupendidikan.com 🙂

loading...