Pengertian Dan Contoh Adaptasi Morfologi Pada Hewan, Tumbuhan Dan Manusia Secara Lengkap

bitar

Pengertian Dan Contoh Adaptasi Morfologi Pada Hewan, Tumbuhan Dan Manusia Secara Lengkap – Mengapa Hewan elang mempunyai paruh yang agak melengkung kebawah, tajam, dan rahang yang kuat, karna untuk mencabik-cabik daging mangsanya, dan mempunyai kaki yang pendek dan bercakar karna untuk mencengkram mangsa nya agar tidak terlepas. cara itu merupakan salah satu adaptasi morfologi. Pada kesempatan kali ini disini akan mengulas tentang pengertian adaptasi morfologi secara lengkap. Untuk itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

Pengertian Adapatasi Morfologi

adaptasi morfologi merupakan cara makhluk hidup dengan menyesuaikan bentuk tubuh terhadap lingkungannya, dengan tujuan untuk bertahan hidup. Atau bisa juga diartikan sebagai cara penyesuaian bentuk tubuh dan alat-alat tubuh organisme terhadap lingkungannya. Adaptasi jenis ini cukup mudah untuk diamati karena terjadi hanya pada bagian luar tubuh makhluk hidup saja.

Contoh Adaptasi Morfologi Pada Hewan

contoh-adaptasi-morfologi-pada-hewan

Burung dengan tipe paruh pemakan daging mempunyai paruh yang kuat, tajam, dan melengkung pada bagian ujungnya, contohnya pada paruh burung elang. burung dengan tipe paruh pengisap madu mempunyai paruh panjang dan runcing, contohnya pada burung kolibri. Dan terakhir yaitu burung pemakan ikan mempunyai bentuk paruh berkantong, yang termasuk jenis ini yaitu pada paruh burung pelikan.

Contoh Adaptasi Morfologi Pada Manusia

Pada Daun telinga lentur sehingga manusia menjadi aman ketika tidur. Lubang hidung pada manusia menghadap bawah sehingga lubang hidung manusia tidak mudah kemasukkan air hujan dan sebagainya. Kulit manusia akan menjadi hitam bila terlalu lama terkena sinar matahari supaya manusia lebih mampu menghadapi matahari. Rambut-rambut halus manusia akan berdiri bila suhu udara sekitarnya rendah dan rambut manusia akan menjadi putih saat sudah lanjut usia atau mungkin faktor lain.

Contoh Adaptasi Morfologi Pada Tumbuhan

contoh-adaptasi-morfologi-pada-tumbuhan

Bunga teratai yang tumbuh dan hidup di air, beradaptasi dengan cara daunnya yang tipis dan lebar sehingga bisa terapung di air. Adapun tumbuhan eceng gondok yang sama seperti teratai bisa hidup di air, beradaptasi dengan cara mempunyai akar banayak yang fungsinya agar tidak terbalik saat di air. Bunga teratai dan eceng gondok disebut dengan tumbuhan Hidrofit karena hidup di air.

Itulah ulasan tentang Pengertian Dan Contoh Adaptasi Morfologi Pada Hewan, Tumbuhan Dan Manusia Secara Lengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

Baca juga refrensi artikel terkait lainnya disini :

Most popular articles related to Pengertian Dan Contoh Adaptasi Morfologi Pada Hewan, Tumbuhan Dan Manusia Secara Lengkap
Shares