Pengertian Dan Cara Menulis Pesan Singkat Beserta Contohnya Lengkap

bitar

Pengertian Dan Cara Menulis Pesan Singkat Beserta Contohnya Lengkap – Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menggunakan pesan singkat sebagai sarana komunikasi dalam sehari-hari. Pesan singkat yang sering kita pakai bisa pesan singkat yang berupa memo yang tertulis dalam kertas dan berupa sms (short message service/layanan pesan pendek) melalui handphone. Untuk lebih jelas mengenai tentang pesan singkat marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

pesan-singkat

Pengertian Pesan Singkat

Memo atau Pesan Singkat ialah suatu bentuk komunikasi tertulis yang di dalamnya yang berupa pesan singkat. Memo biasa digunakan secara intern dalam sebuah organisasi dan yang sifatnya informal.
Memo bisa ditulis tangan ataupun diketik rapi. Isi memo bisa berupa permintaan, harapan, ataupun pemberitahuan. Selain itu, memo juga ditulis dengan secara singkat, padat, jelas, dan tidak mengundang pertanyaan.

Saat ini pesan singkat juga bisa disampaikan melalui perangkat komunikasi elektronik yang berupa telepon genggam (handphone). Alat ini mempunyai fasilitas kiriman pesan singkat atau lebih dikenal dengan Short Message Service (SMS).
Akan tetapi, perangkat ini mempunyai keterbatasan, yakni jumlah karakter pada (huruf/angka/tanda baca) yang dipergunakan cukup terbatas (sedikit). Oleh sebab itu, harus bisa menghemat banyaknya karakter yang diketik, tetapi tetap bisa dipahami oleh penerima pesan.

Walaupun pesan ditulis secara ringkas, hendaknya tetap berpegang pada sebuah tata krama atau sopan santun dalam berbahasa. Selain dari itu, harus  diperhatikan juga kepada siapa pesan tersebut akan disampaikan.

Cara Menulis Pesan Singkat

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menulis pesan yaitu sebagai berikut :

  • Jelas, baik dalam nama yang dituju, isi pesan, ataupun pengirim pesan.
  • Singkat isinya, tidak panjang cerita.
  • Diletakkan di tempat yang gampang dijangkau oleh pandangan mata penerima.

Misalnya, di depan pintu, di atas meja, di pintu lemari es, ataupun di dekat televisi. Pesan biasanya ditulis dengan kalimat yang sederhana dengan bahasa yang tidak formal. Hal ini menandakan bahwa kita bisa menulis pesan tanpa terikat kaidah dalam penulisan yang baku.

Contoh Pesan Singkat

1. Contoh pesan singkat berupa SMS

– Kak, apa kbr nya?  skrg kk tinggal dmana? Aku boleh maen kerumah ?
– Cuy, Alhamdulillah, anakku terima di sekolahan negeri, doain ya semoga anakku jadi anak pintar ??
– Bu, maaf bapak pulang nya agak larut malam karna ada lembur kerjaan. jadi ibu dan anak2 makan duluan aja.
– Hay say, maen ke rumah…. lagi banyak makanan nih dirumah

2. Contoh Pesan singkat berupa memo

Untuk Ibu
Bu, sueb berangkat main ke rumah teman. Tadi teman ngajak mengngerjakan PR bareng. Maaf, sueb tidak sempat pamit. Karena Ibu masih berbelanja dipasar

23 Juni 2004
Putramu
sueb

Itulah ulasan tentang Pengertian Dan Cara Menulis Pesan Singkat Beserta Contohnya Lengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih

Baca juga artikel terkait lainnya disini :

Most popular articles related to Pengertian Dan Cara Menulis Pesan Singkat Beserta Contohnya Lengkap
Shares