Pengertian Dan 4 Ciri Inovasi Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

Pengertian Dan 4 Ciri Inovasi Menurut Para Ahli Terlengkap – Inovasi yaitu sebuah penemuan baru yang berbeda dari yang sebelumnya  dari yang sudah ada. orang atau wirausahawan yang slalu berinovasi, maka ia bisa dikatakan yaitu sebagai seorang wirausahawan yang inovatif. Untuk lebih meyakinkan definisi tentang inovasi. Disini akan mengulas tentang pengertian inovias menurut para ahli. Oleh karena itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

inovasi

Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli

1. Everett M. Rogers
Menurut Everett M. Rogers menyatakan bahwa inovasi yaitu sebuah ide, gagasan, praktek ataupun objek/benda yang disadari dan diterima yang sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang ataupun kelompok untuk diadopsi.

2. Stephen Robbins
Menurut Stephen Robbins mendefinisikan bahwa inovasi yaitu sebagai sebuah gagasan baru yang diterapkan untuk memprakarsai atau memperbarui suatu produk atau proses dan jasa.

3. Van de Ven, Andrew H
Menurut Van de Ven, Andrew H menyatakan bahwa Inovasi ialah suatu pengembangan dan implementasi suatu gagasan-gagasan baru oleh orang yang dimana dalam jangka waktu tertentu melaksanakan sebuah transaksi-transaksi dengan orang lain dalam suatu tatanan organisasi.

4. Kuniyoshi Urabe
Menurut Kuniyoshi Urabe menyatakan bahwa Inovasi bukan merupakan suatu kegiatan satu kali pukul (one time phenomenon),melainkan sebuah proses yang panjang dan kumulatif yang meliputi banyak proses pengambilan dalam keputusan di dan oleh organisasi dari mulai pada penemuan gagasan sampai implementasinya di pasar.

5. UU No. 18 tahun 2002
Inovasi yaitu suatu kegiatan penelitian, pengembangan, dan/atau perekayasaan yang mempunyai tujuan untuk mengembangkan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau cara baru untuk menerapkan sebuah ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada ke dalam suatu produk atau proses produksi.

6. Stephen Robbins (1994)
Menurut Stephen Robbins mengungkapkan bahwa inovasi ialah sebagai suatu gagasan baru yang diterapkan untuk memprakarsai atau memperbaiki sebuah produk atau proses dan jasa.

Baca juga artikel terkaitnya yaitu sebagai berikut :

Ciri-Ciri Inovasi

  • Memiliki ciri khas yang artinya sebuah inovasi memiliki ciri yang khas dalam setiap aspeknya, entah itu dalam program, ide atau gagasan, tatanan, sistem dan dalam kemungkinan hasil yang baik sesuai yg diharapkan.
  • Memiliki ciri atau unsur kebaruan, yang artinya yaitu sebuah inovasi harus memiliki suatu karakteristik yang sebagai suatu karya dan buah pemikiran yang memiliki ke originalan & kebaruan.
  • Dalam Program inovasi ini dilakukan lewat program yang terencana, yang artinya bahwa suatu inovasi dilakukan lewat suatu bentuk proses yang tidak tergesa-gesa, tapi dipersiapkan dengan secara matang, jelas dan direncanakan terlebih dahulu.
  • Suatu Inovasi yang diluncurkan memiliki suatu tujuan, suatu program inovasi yang dilakukan harus memiliki arah kemana tujuannya dan target yang ingin dicapai.

Semua manusia pasti mempunyai inovasi-inovasi baru baik itu dibidang usaha, teknologi, kuliner, dan lain sebagainya.

Itulah ulasan tentang Pengertian Dan 4 Ciri Inovasi Menurut Para Ahli TerlengkapSemoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih 🙂