Pembuluh darah
Pembuluh darah

Pengertian Dan 3 Macam Pembuluh Darah

Posted on

Pengertian Pembuluh Darah

Pengertian Dan 3 Macam Pembuluh Darah – Menurut arah alirannya suatupembuluh darah tersebut dapat dibedakan menjadi 2(dua) , yakni ialah sebagai berikut :

  1. Pembuluh nadi (arteri)
    Pembuluh nadi (arteri) ialah merupakan suatu pembuluh yang mengalirkan suatu darah keluar jantung.
  2. Pembuluh balik (vena)
    Pembuluh balik (vena) ialah merupakan  suatu pembuluh yang mengalirkan darah menuju masuk ke dalam jantung tersebut .
Pembuluh darah
Pembuluh darah

Macam-Macam Pembuluh Darah

  • Pembuluh Nadi (arteri)

Pembuluh nadi (arteri) ialah merupakan suatu pembuluh yang membawa darah tersebut keluar jantung. Letak arteri tersebut agak ke dalam dan juga permukaan tubuh. Apabila arteri terluka, maka darah akan memancar keluar.

Pembuluh darah tersebut mempunyai  lapisan elastis yang tebal, sehingga mampu untuk dapat menahan tekanan darah yang berasal dan juga jantung. Denyutnya pun terasa hanya pada bagian tubuh yang tertentu saja, misalnya di pergelangan tangan ataupun daerah leher, dan juga pembuluh darah tersebut mempunyai satu katup dekat jantung. Katup tersebut berguna untuk dapat menjaga agar darah tersebut tidak mengalir kembali ke dalam bilik jantung.

Pembuluh nadi yang berpangkal di bulik kiri dan jug di bulik kanan jantung ini disebut dengan aorta (pembuluh nadi utama). Aorta bilik kiri tersebut akan mengangkut darah bersih yang kaya denagn oksigen. Aorta bilik kiri ini akan bercabang ialah menjadi arteri dan juga yang terkecil disebut dengan arteriole.Sedangkan Aorta bilik kanan ini akan bercabang dua menjadi ialah pembuluh nadi paru-paru kanan dan juga nadi paru-paru kiri (arteri pulmonalis). Pembuluh nadi tersebutlah yang membawa darah kotor yang kaya karbon dioksida.

  • Pembuluh Balik (Vena)

Vena tersebut memiliki suatu lapisan elastis yang lebih tipis serta juga arteri, sehingga tidak sekuat dan juga tidak selentur arteri. Pembuluh tersebut terletak di dekat permukaan kulit, yang tampak bewarna kebirubiruan, dan denyutnya yang tidak terasa, jika terluka, darah tersebut tidak memancar keluar, serta juga mempunyai katup sepanjang pembuluh. Katup tersebut berguna agar aliran darah tersebut berlangsung satu arah serta juga untuk menjaga agar darah tersebut tetap mengalir dikarenakan tidak adanya suatu pompa pada aliran darah di vena tersebut. Pembuluh balik tersebut terdiri atas pembuluh balik besar dan juga pembuluh balik paru paru.

Pembuluh balik besar tersebut mengangkut darah yang berasal dan juga seluruh tubuh menuju ke serambi kanan jantung. Pembuluh darah tersebut membawa darah yang kaya karbon dioksida. Pembuluh balik besar tersebut  terdapat dua macam, ialah sebagai berikut :

  1. pembuluh balik besar atas (vena cava superior)
  2. pembuluh balik besar bawah (vena cava inferior).

Vena cava superior tersebut berguna untuk mengangkut darah yang berasal dan juga kepala serta tangan ke serambi kanan jantung tubuh.

loading...

Pembuluh balik besar bawah tersebut berguna untuk mengangkut darah yang berasal serta juga tubuh dan kaki ke serambi kanan jantung tubuh. Pembuluh balik besar tersebut bercabang-cabang ialah menjadi pembuluh balik yang lebih kecil (vena), yang kemudian bercabang-cabang sampai dengan paling kecil yang disebut dengan venule.

Pembuluh balik paru-paru (Vena Pulmonalis) tersebut terdiri ialah atas pembuluh balik paru-paru kanan dan juga pembuluh balik paru-paru kiri. Pembuluh balik paru-paru kiri tersebut mengangkut darah dari paru-paru sebelah kiri. Pembuluh balik paru-paru kanan  tersebut juga mengangkut darah dari paru-paru sebelah kanan. yang Keduanya tersebut akan bersatu menuju serambi kiri jantung tubuh .Pembuluh tersebut mengangkut darah yang kaya dengan oksigen.

c. Pembuluh Kapiler
Arteri terkecil (arteriole) dan juga vena terkecil (venule) yang dihubungkan oleh pembuluh kapiler. Kapiler tersebut sangat halus berdinding tipis dikarenakan hanya terdiri atas selapis sel saja, dan juga berukuran sangat kecil ialah sekitar 7,5 mikron. Kapiler inilah yang akan berhubungan langsung dengan sel-sel tubuh.

Demikian Penjelasan tentang Pengertian Dan 3 Macam Pembuluh Darah Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca Gurupendidikan.com 🙂