Mineral
Mineral

Pengertian Dan 10 Macam Mineral Terlengkap

Posted on

Pengertian Mineral

Pengertian Dan 10 Macam Mineral Terlengkap -Mineral ialah suatu padatan senyawa kimia homogen, non-organik, yang mempunyai bentuk yang teratur (sistem kristal) dan jugaterbentuk dengan secara alami. Istilah mineral tersebut termasuk tidak hanya pada bahan komposisi kimia namun juga pada struktur mineral.

Mineral
Mineral

Mineral tersebut termasuk dalam komposisi unsur murni dan juga garam sederhana sampai silikat yang daoat sangat kompleks dengan ribuan bentuk yang diketahui (senyawaan organik ini biasanya tidak termasuk). Ilmu yang mempelajari mineral tersebut disebut dengan mineralogi.

Macam-Macam Mineral

  • Kalsium (Ca)
    Kalsium tersebut disebut juga ialah zat kapur. Kalsium ialah mineral yang paling banyak terdapat pada tubuh dan juga yang paling dibutuhkan. Kebutuhan kalsium  pada tiap-tiap tubuh itu berbeda-beda. Anak-anak yang pada masa pertumbuhan, remaja, wanita hamil, serta juga ibu yang sedang menyusui memerlukan kalsium dengan jumlah yang lebih banyak.

    Kalsium tersebut berfungsi ialah  sebagai bahan pembentuk tulang, kontraksi otot, serta juga untuk membantu proses pembekuan darah jika terjadi luka. Bahan makanan yang banyak mengandung zat kapur tersebut, antara lain ialah Susu , Telur  ,Kacang-kacangan ,Ikan, serta juga Kentang , jika Kekurangan kalsium tersebut dapat menyebabkan tulang menjadi rapuh, pembentukan pada tulang tidak sempurna serta juga menimbulkan kekejangan otot.

  • Fosfor (P)
    Fosfor (P) tersebut juga berfungsi ialah sebagai bahan pembentuk suatu tulang bersama kalsium. Selain dari itu, fosfor tersebut juga berperan penting didalam berbagai reaksi kimia pada tubuh, misalnya untuk dapat mengatur kinerja enzim. Sumber-sumber fosfor antara lain ialah sebagai berikut :
    Telur ,Daging, Biji-bijian yang masih memiliki kulit ari , Kacang-kacangan dan juga Susu , apabila Kekurangan fosfor tersebut dapat mengakitbatkan tulang dan juga gigi menjadi rapuh serta juga dapat menimbulkan penyakit rakitis.

  • Zat Besi (Fe)
    Kadar zat besi pada tubuh tersebut tidak seberapa banyak, yakni berkisar  0,002 kg untuk berat badan 50 kg. Mineral tersebut berfungsi ialah sebagai pembentuk suatu hemoglobin (zat warna merah darah). Zat besi  tersebut terdapat pada bahan-bahan makanan yang berupa :
    Telur , Sayur-sayuran ,Biji-bijian , Hati apabila Kekuarangan zat besi tersebut mengakitbatkan penyakit anemia (kekurangan sel-sel darah).

  • Yodium
    Fungsi utama dari yodium adalah sebagai suatu pembentuk hormon tiroksin yang mengatur bermacam-macam aktivitas pada alat-alat tubuh dan juga mengontrol kecepatan pada pertumbuhan seseorang. Kekurangan pada hormon tiroksin tersebut akan mengakibatkan kretinisme (tubuh kerdil). Kekurangan yodium pada orang dewasa tersebut dapat menimbulkan suatu pembengkakan gondok (penyakit gondok).  makanan yang terkandung yodium, antaralain ialah  ikan laut, tiram, kerang, serta juga makanan lain yang berasal dari laut.

    Penyakit gondok tersebut, ialah sebagai akibat dari kekurangan yodium, banyak diderita oleh orang-orang di daerah yang berbasis pegunungan yang air minumnya sedikit sekali terkandung yodium. Oleh sebab itu, pemerintah telah menganjurkan penggunaan garam beryodium agar pada kebutuhan yodium pada tubuh tersebut tercukupi dan juga dapat  terhindar dari penyakit gondok

  • Natrium (Na) dan juga Klorin (Cl)
    Gabungan pada unsur natrium dan juga klorin membentuk suatu senyawa yang dikenal ialah sebagai garam dapur (NaCl).Didalam tubuh, natrium tersebut berfungsi untuk  mengatur denyut jantung dan juga membantu proses suatu perambatan impuls saraf. Natrium tersebut bersama-sama klorin berfungsi ialah untuk memelihara keseimbangan cairan pada tubuh. Selain dari itu, klorin yang di dalam lambung ialah komponen penyusun asam lambung atau juga asam klorida (HCI).

    Kekurangan pada natrium tersebut dapat menyebabkan kekejangan dan juga kelelahan otot. Bahkan pada pengeluaran natrium yang berlebihan tersebut akibatnya ialah terlalu banyak mengeluarkan keringat pada saat berolahraga atau pada saat bekerja keras tersebut dapat menyebabkan keram otot. tetapi, kelebihan pada konsumsi natrium dalam bentuk garam dapur juga dapat meningkatkan tekanan darah pada tubuh. makanan yang didalamnya terkandung natrium dan juga klorin, antara lain ialah  garam dapur, daging, ikan, susu, dan juga telur.

  • Seng (Zn)
    Mineral seng tersebut berperan didalam proses metabolisme protein, penyembuhan luka, dan juga pada kesehatan kulit. Selain dari hal itu, seng tersebut juga berfungsi penting untuk dapat pertumbuhan dan perkembangan janin didalam kandungan. makanan yang didalamnya terkandung seng, antara lain ialah daging, ikan, hati, telur dan juga susu.

Demikian Penjelasan tentang Pengertian Dan 10 Macam Mineral Terlengkap Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca Gurupendidikan.com 🙂