Pengertian, Ciri, Dan Fungsi Pranata Keluarga Beserta Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian, Ciri, Dan Fungsi Pranata Keluarga Beserta Contohnya Lengkap  – Selamat datang di gurupendidikan.com pada kesempatan sebelumnya sudah membahas tentang pranata ekonomi, pranata ekonomi dan pranata politik. Pada kesempatan kali ini disini akan membahas tentang pengertian pranata keluarga, Ciri pranata keluarga, fungsi pranata keluarga, dan contoh pranata keluarga secara lengkap. Oleh karena itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

pranata-keluarga

Pengertian Pranata Keluarga

Pranata keluarga merupakan suatu sistem nilai atau aturan-aturan yang mengatur aktivitas-aktivitas anggota keluarga di lingkungannya. Pranata keluarga adalah suatu bagian dari pranata sosial yang wilayah berlakunya meliputi sebuah lingkungan keluarga dan kerabat. Pranata ini berisi suatu ketentuan-ketentuan yang tidak tertulis yang menyangkut masalah perkawinan guna melanjutkan keturunan, afeksi, dan sosialisasi. Bagi masyarakat, pranata keluarga ini fungsinya untuk menjaga dan mempertahankan kelangsungan hidup masyarakat. Tanpa keluarga tidak mungkin ada masyarakat. karena pada dasarnya masyarakat adalah kumpulan dari keluarga-keluarga.

Pranata keluarga mengatur suatu kebutuhan warga masyarakat yang berkaitan dengan kehidupan keluarga serta menyangkut sistem kekerabatan dan tata hubungan antara individu satu dengan individu lain dalam lingkungan keluarga dan kerabat. Sistem kekerabatan yang terdapat dalam masyarakat Indonesia dibedakan atas sistem patrilineal, matrilineal, dan parental atau bilateral.

  • Sistem patrilineal yaitu suatu sistem kekerabatan yang menarik garis keturunan dari pihak laki-laki atau ayah. Masyarakat yang menganut sebuah sistem kekerabatan ini antara lain Batak, Nias, Ambon, dan Bali.
  • Sistem matrilineal yaitu suatu sistem kekerabatan yang manarik garis keturunan dari pihak ibu atau perempuan. Masyarakat yang menganut sistem kekerabatan ini antara lain yaitu suku bangsa Minangkabau.
  • Sistem kekerabatan parental yaitu sebuah sistem kekerabatan yang menarik garis keturunan dan kedua belah pihak, baik laki-laki dan perempuan. Masyarakat yang menganut sistem ini yaitu antara lain Jawa, Sunda, dan Kalimantan.

Fungsi Pranata Keluarga

Fungsi utama keluarga ialah menjaga supaya para anggota keluarganya tidak menyimpang dari pranata masyarakat luas. Di samping itu keluarga memiliki fungsi, yaitu sebagai berikut :

  • Fungsi perlindungan, yang di mana keluarga memiliki fungsi perlindungan bagi anggotanya baik fisik maupun psikis.
  • Fungsi reproduksi, yang di mana keluarga adalah suatu lembaga yang fungsinya untuk mempertahankan kelangsungan hidup manusia.
  • Fungsi sosialisasi, yang di mana keluarga adalah suatu lingkungan sosial pertama dalam membentuk kepribadian anak, sehingga keluarga adalah suatu lembaga belajar bagi anak dan sekaligus penentu masa depan anak dalam bersosialisasi.
  • Fungsi afeksi, yang di mana keluarga adalah tempat pertama untuk mendapatkan kasih sayang bagi seorang anak.
  • Fungsi ekonomi, yang di mana keluarga adalah tempat untuk memenuhi suatu kebutuhan ekonomi bagi anggota keluarganya

Ciri-Ciri Pranata Keluarga

  • Merupakan suatu kelompok sosial yang terdiri dari berbagai usia dan jenis kelamin.
  • Minimal 2 orang dari mereka memiliki hubungan sebagai suami istri yang diakui oleh masyarakat dan memiliki anggota keluarga melalui suatu pernikahan yang sah.
  • Memiliki seperangkat aturan sosial tertentu yang diakui dan dijalankan bersama-sama oleh seluruh anggota keluarga.
  • Memiliki fungsi pokok, diantaranya yaitu fungsi reproduksi(melahirkan anak),fungsi ekonomi(memenuhi kebutuhan makanan,pakaian,dan rumah),fungsi sosialisasi,dan fungsi perlindungan.
  • Menempati suatu tempat tertentu dalam jangka waktu tertentu pula.

Contoh Pranata Keluarga

  • Anak wajib menghormati orangtuanya.
  • Orangtua memberikan sebuah fungsi afeksi (kasih sayang) kepada anaknya, sehingga anak itu merasa nyaman berada di lingkungan keluarganya.
  • Orangtua mengajarkan kepada anak tentang agama. Seorang anak biasanya secara otomatis mengikuti agama orangtuanya.
  • Anak mendengarkan nasehat orangtua.

Itulah ulasan tentang Pengertian, Ciri, Dan Fungsi Pranata Keluarga Beserta Contohnya Lengkap Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

Baca juga refrensi artikel terkait lainnya disini :