Pengertian, Ciri, Dan Cara Menulis Surat Pembaca Beserta Contohnya Lengkap

bitar

Pengertian, Ciri, Dan Cara Menulis Surat Pembaca Beserta Contohnya Lengkap – Surat pembaca ?? sering kita temui surat kabar seperti koran pasti anda akan menemukan surat pembaca. Tapi tidak semua nya tahu penjelasan tentang surat pembaca. Oleh karena itu disini akan mengulas lengkap tentang surat pembaca. Untuk itu marilah simak ulasan yang ada dibahwa berikut ini.

surat-pembaca

Pengertian Surat Pembaca

Surat pembaca ialah surat yang ditulis oleh pembaca yang dimuat dalam surat kabar/koran, majalah yang berisi sebuah tanggapan, saran, keluhan, ajakan, imbauan, ucapan terima kasih, dan lain sebagainya.

Surat pembaca adalah surat terbuka yang isinya bisa dibaca oleh siapa saja serta bisa ditujukan kepada lembaga, pemerintah, perusahaan, kantor, perorangan, kelompok, atau organisasi.

Seperti surat pada umumnya, struktur surat pembaca terdiri dari tiga bagian yaitu : pendahuluan, isi, dan penutup.

Ciri-Ciri Surat Pembaca

Surat pembaca memiliki ciri yang membedakan dengan macam surat lainnya. Ciri dari surat pembaca yakni :

  • Surat pembaca adalah surat yang berisi pesan: keluhan, pujian, himbauan, undangan, dan sebagainya kepada instansi atau orang tertentu. Selain dari itu, surat pembaca bisa juga berupa surat balasan yang dikirimkan untuk menjawab keluhan surat pembaca yang sebelumnya.
  • Sifatnya umum yang artinya surat yang boleh dibaca oleh orang banyak, mengingat isi pesan yang disampaikan dapat mempengaruhi hajat hidup orang banyak
  • Singkat, padat, dan jelas. Surat pembaca terdiri atas 1-4 paragraf. Isi yang disampaikan dalam surat pembaca langsung ke inti pembicaraan.
  • Dalam menggunakan bahasa yang baku, sopan dan komunikatif.

Cara membuat/menulis surat pembaca

Hal-hal yang secara nyata dapat membedakan surat pembaca dari teks yang lain sebagai berikut.

1. Struktur

Susunan surat pembaca memang berbeda dari surat menyurat pada biasanya. Dalam surat pembaca alamat tujuan surat pembaca tidak ditulis pada bagian tersendiri sebagaimana surat biasa. tapi demikian secara tersirat bisa diketahui surat pembaca itu ditujukan kepada siapa.

2. Gaya bahasa

Dalam gaya bahasa surat pembaca sangat beragam, tergantung pada gaya masing-masing sih pengirim surat. Ada surat pembaca dengan gaya dalam mempertanyakan, menyindir, mengimbau, bahkan ada yang menulis surat pembaca  yang berbentuk puisi atau anekdot.

3. Kesantunan

Maupun gaya penyampaian dalam surat pembaca, yang tak bisa dilupakan ialah kesantunan. entah itu kritikan, pertanyaan, usulan atau apa pun itu isinya sebaiknya disampaikan dengan penuh kesantunan supaya tidak menyebabkan ketersinggungan pihak yang dituju.

Contoh Surat Pembaca

“ASPAL BOLONG: TIGA ORANG MENINGGAL”

“Saya Indah (25) ingin menyampaikan bahwa aspal di daerah kebun karet jalan Lintas Sumatera kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan rusak parah. Dalam satu pekan ini sudah memakan enam korban, empat diantaranya meninggal disebabkan kecelakaan tunggal. Selain itu, lampu pada penerangan jalan tidak berfungsi, yang menyebabkan pengendara susah untuk melihat jalan di malam hari. Mohon segera ditindak lanjuti” Sekian dan terimakasih. ________08576454xxxx

Itulah ulasan tentang Pengertian, Ciri, Dan Cara Menulis Surat Pembaca Beserta Contohnya Lengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca sekalian. Sekian dan terimakasih.

Baca juga artikel terkaitnya disini :

Most popular articles related to Pengertian, Ciri, Dan Cara Menulis Surat Pembaca Beserta Contohnya Lengkap
Shares