Pengertian, Bagian Dan Macam Indeks Buku Beserta Contohnya Lengkap

bitar

Pengertian, Bagian Dan Macam Indeks Buku Beserta Contohnya Lengkap – Dalam membuat sebuah buku harus tersusun dengan rapi dan berurutan. salah satu bagian terpenting didalam buku ialah indeks buku, Karena terkadang di dalam sebuah buku adanya istilah-istilah yang sudah tersusun yang berdasarkan abjad, ketika akan mencari suatu istilah maka akan bisa dengan mudah ditemukan dengan melihat indeks buku. Untuk kesempatan kali ini disini akan mengulas tentang pengertian indeks buku, bagian-bagian indeks buku, macam-macam indeks buku beserta contoh indeks buku. Oleh karena itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

indeks-buku

Pengertian Indeks Buku

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, Indeks artinya daftar kata/istilah penting yang berada dalam buku cetakan (biasanya terletak pada bagian akhir buku) yang tersusun menurut abjad yang memberikan sebuah informasi mengenai halaman tempat kata atau istilah itu ditemukan.

Informasi atau penjelasan kata tertentu dalam buku yang relatif tebal bisa ditemukan dengan cepat dengan teknik membaca memindai melalui indeks.

Jadi kesimpulannya, Indeks Buku ialah suatu daftar kata atau istilah penting yang terdapat dalam buku, yang biasanya terletak di bagian akhir buku yang tersusun menurut abjad yang memberikan sebuah informasi mengenai halaman tempat kata atau istilah itu ditemukan.

Bagian-Bagian Indeks Buku

Sebuah indeks buku dibangun oleh beberapa bagian, yang diantaranya yaitu indeks nama, indeks topik, perincian indeks topik, dan juga nomor halaman yang dimana nama atau rincian topik tersebut berada. Itu semua adalah bagian-bagian yang membangun indeks buku. Untuk lebih jelasnya lagi marilah simak penjelasan yang ada dibawah berikut ini :

  • Indeks nama (pengarang), adalah suatu susunan atau kumpulan nama-nama orang dalam sebuah indeks.
  • Indeks topik (subjek/istilah), ialah suatu kumpulan subjek atau sebuah istilah yang disusun yang berdasarkan abjad yang istilah tersebut berada dalam buku atau bersangkutan dengan isi buku tersebut. Dalam sebuah buku geografi, indeks topik yang ada biasanya yaitu istilah-istilah yang berkaitan dengan ilmu geografi.
  • Perincian indeks topik, ialah suatu istilah-istilah atau subjek yang ada kaitannya dengan sebuah subjek yang ada di dalam sebuah indeks topik.
  • Nomor halaman, ialah suatu bagian indeks buku yang bertuliskan nomor-nomor halaman dimana kata-kata istilah itu berada.

Macam-Macam Indeks Buku

Indeks dibedakan menjadi 2 macam, yakni indeks subjek dan indeks pengarang. Kedua indeks ini mempunyai pengertian atau perbedaan yang bisa kita bedakan dengan sangat mudah. Untuk lebih jelasnya lagi simak penjelasan dibawah ini.

  • Indeks Subjek, yaitu berisi daftar istilah-istilah dalam sebuah buku.
  • Indeks Pengarang, yaitu yang berisi daftar nama pengarang atau tokoh yang pendapat atau teorinya dikutip dalam sebuah buku yang bersangkutan.

Jadi kesimpulannya, Indeks subjek ialah indeks yang berisi daftar istilah yang terdapat dalam sebuah buku, sedangkan ada indeks pengarang ialah indeks yang berisi daftar nama pengarang (tokoh) yang teori maupun pendapatnya terdapat dalam sebuah buku tersebut.

Contoh Indek Buku

Abadi Husnu, 111
Abeba, A. Aris, 5
Achmad, Sri Wintala, 145
Bachri, Sutardji Calzoum, 244
Chudori, Leila S., 153
Donggo, A.D., 42
Gantang, I Gusti Putu Bawa Samar, 96

Diantara sebuah istilah atau nama pengarang dan nomor halaman harus disisi dengan tanda koma (,) seperti pada contoh indeks pengarang diatas.

Itulah ulasan tentang Pengertian, Bagian Dan Macam Indeks Buku Beserta Contohnya Lengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca sekalian. Sekian dan terimakasih.

Baca juga artikel terkaitnya disini :

Most popular articles related to Pengertian, Bagian Dan Macam Indeks Buku Beserta Contohnya Lengkap
Shares