Pengertian Badan Usaha Perseorangan Dan Contohnya

Posted on

Pengertian Badan Usaha Perseorangan

Jika kita membahas tentang Badan Usaha Perseorangan tidak terlepas dari perusahaan itu sendiri. Perusahaan perseorangan merupakan bisnis yang dipunyai oleh pemilik tunggal dan sedangkan seorang pengusaha perseorangan ialah pemilik dari perusahaaan perseorangan tersebut. Seseorang bisa membuat sebuah badan usaha perseorangan yang dibuat tanpa ada izin serta tata cara yang khusus. Hampir semua orang bebas berkembang membuat bisnis personal tanpa membuat batasan sebagai modal mendirikannya.

Dilihat dari segi pemodalan seseorang yang mempunyai suatu perusahaan atau perusahaan perseorangan bisa dengan mudah mendapatkan sebuah pinjaman dari para kreditor sebagai operasional perusahaan, namun tidak sama dengan pinjaman itu dengan bukti kepemilikan lain dari seseorang itu sendiri. Akibatnya ada utang pemilik yang harus bertanggung jawab secara langsung dalam pelunasan utang itu, serta jika ada hal yang tidak kita sangka-sangka seperti keuntungan, maka perusahaan tidak perlu membaginya kepada kreditor.

Deskripsi Badan Usaha Perseorangan

Dengan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa badan usaha kepemilikannya yang dimiliki satu orang, maka dapat membuat badan usaha perseorangan tanpa ada izin serta tata cara yang berbelit belit. Semua orang dapat dengan bebas untuk membuat personal tanpa adanya batasan untuk mendirikannya. Biasanya perusahaan perseorangan bermodal paspasan (kecil), terbatasnya jenis dan jumlah dari produksi itu sendiri, seseorangan yang mempunyai tenaga kerja (buruh) yang tidak banyak serta pemakaiaan alat produksi teknologi sederhana.

Contoh Badan Usaha Perseorangan

Semisal, sebuah perusahaan perseorangan mempunyai usaha kecil (UKM) seperti laundry, bengkel, rumah makan, salon kecantikan, persewaan komputer serta internet dll.

pengertian badan usaha perseorangan

Badan Usaha dan Badan Hukum

Dalam membentuk suatu badan usaha adalah dasar yang sangat penting jika kita akan melakukan suatu usaha bisnis. Keberadaan badan usaha yang berbadan hukum dalam perusahaan baik perusahaan yang kecil, menengah ataupun besar akan melindungi perusahaan dari semua tuntutan dengan akibat yang dijalankan perusahaan itu.

Walaupun demikian, untuk menjalankan sebuah usaha tidak diwajibkan untum seorang Pengusaha untuk dapat mendirikan suatu badan usaha hukum. Hal itu adalah pilihan untuk Pengusaha dalam menentukan bantuk dari penyelenggara usaha yang cocok melakukan suatu kegiatan usaha yang akan dijalankan. Tetapi, bagi beberapa jenis usaha tertentu yang sudah diwajibkan terhadap peraturan UU diharuskan berbentuk badan usaha yang merupakan badan hukum contohnya rumah sakit, penyelenggara satuan pendidikan formal, serta bank dll.

loading...

Suatu badan usaha adalah kesatuan yuridis serta ekonomis yang merupakan faktor-faktor peroduksi yang mempunyai tujuan dalam mencari sebuah keuntungan. Badan usaha ialah sebuah rumah tangga ekonomi yang memliki tujuan dalam mencari keuntungan dengan faktor-faktor produksi.

Bisnis atau usaha perseorangan bisa dikatakan berbadan hukum jika mempunyai “Akte Pendirian” yang disahkan oleh notaris dengan disertai dengan tandatangan diatas matarai serta segel.

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Badan Usaha Perseorangan Dan Contohnya Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com 😀