Argumentasi
Argumentasi

Pengertian Argumentasi Menurut Para Ahli Beserta Contohnya

Posted on

Pengertian Argumentasi

Pengertian Argumentasi Menurut Para Ahli Bserta Contohnya– Argumentasi adalah salah satu paragraf dalam pengembangan sebuah makalah yang ditulis dengan maksud untuk meyakinkan atau membujuk pembaca. Dalam menulis argumen konten dapat menjadi penjelasan, bukti, alasan, dan tujuan yang meliputi contoh, analogi, dan sebab-akibat. Tujuannya adalah untuk pembaca yakin bahwa ide, atau pendapat itu benar dan terbukti.

Dilihat dari struktur informasi, dalam argumen paragraf akan ditemukan:

  • Pendahuluan, bertujuan untuk menarik perhatian pembaca, memusatkan perhatian pembaca kepada argumen yang akan disampaikan, atau menunjukkan dasar-dasar mengapa argumentasi dikemukakan.
  • Tubuh argumen, yang ditujukan untuk membuktikan kebenaran yang akan disampaikan dalam argumen ayat bahwa kesimpulan juga benar. Kebenaran yang disajikan dalam tubuh argumen harus dianalisis, disusun dan disajikan dengan menyelenggarakan observasi, eksperimen, penyusun fakta dan cara yang logis berpikir.
  • Kesimpulan atau ringkasan, bertujuan untuk membuktikan kepada pembaca bahwa kebenaran yang ingin disampaikan melalui proses penalaran memang dapat diterima sebagai sesuatu yang logis.

 

Argumentasi
Argumentasi

Pengertian Argumentasi Menurut Para Ahli

  • Menurut Aceng Hasani (2005 : 43)

Argumentasi adalah jenis esai yang mencoba untuk mempengaruhi orang lain dengan menghadirkan bukti – bukti yang membuktikan argumen menyatakan secara logis dan faktual dengan tujuan pembaca atau pendengar tertarik disarankan oleh penulis.

  • Menurut Keraf (1997 : 116)

Argumentasi adalah suatu bentuk retorika yang berusaha untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain, sehingga mereka percaya, dan akhirnya bertindak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh penulis atau pembicara.

  • Menurut Alwasilah (2005 : 116)

Argumentasi adalah sebuah esai untuk membuktikan kebenaran atau ketidakbenaran dari pernyataan (statement).

Contoh Argumentasi

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat penting untuk anak-anak, terutama anak-anak di bawah usia 5 tahun. Hal ini karena saat ini bahwa otak mereka sedang menjalani masa aktif yang sangat tinggi bahwa mereka akan lebih mudah untuk memahami dan mengingat apa yang mereka pelajari. Menurut beberapa ahli, usia ini disebut zaman keemasan. Pada usia ini waktu yang tepat untuk memperkenalkan ilmu kepada mereka. Bahkan, menurut seorang ahli anak, mereka akan lebih cepat dalam menguasai bahasa asing.

Hal ini juga dikonfirmasi oleh hasil dilakuakan untuk seratus anak di bawah usia 5 tahun. 40 dari 100 anak yang mengikuti pendidikan anak usia dini sebelum memasuki taman kanak-kanak memiliki nilai yang baik dan sangat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, Mengirim Anak pada anak usia dini sebelum memasuki TK sangat penting untuk dilakukan. http://www.kelasindonesia.com/

loading...

Menurut Iskandar, saatnya untuk mengubah paradigma sehingga orang tidak berbicara lulusan SMA banyak junior. Jika lebih berbakat di jalur yang harus memilih profesi kejuruan. Ia memperingatkan beberapa risiko bagi lulusan SMP yang sembarangan pergi ke sekolah. Misalnya, lulusan SMP yang tidak memiliki potensi bakat-minat ke jalur akademik untuk kuliah, tapi memaksa dirinya masuk SMA, dia tidak akan lulus tes karena sulit mengikuti pelajaran di sekolah tinggi. Tanpa melewati UAN mustahil untuk pergi ke perguruan tinggi. Pada akhirnya mereka akan menjadi pengangguran sebagai pelajaran di sekolah tinggi tidak mempersiapkan Anda untuk pekerjaan itu.

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Argumentasi Menurut Para Ahli Beserta Contohnya Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com 😀