Pembangunan Ekonomi : Pengertian, Tujuan, Dan Ciri Beserta Dampaknya Secara Lengkap

Posted on

Pembangunan Ekonomi : Pengertian, Tujuan, Dan Ciri Beserta Dampaknya Secara Lengkap – Tahukah anda apa yang dimaksud Pembangunan Ekonomi ??? Jika anda belum mengetahuinya anda tepat sekali mengunjungi gurupendidikan.com. Karena pada kesempatan kali ini disini akan mengulas tentang pengertian Pembangunan Ekonomi, tujuan Pembangunan Ekonomi, dan ciri Pembangunan Ekonomi beserta dampaknya secara lengkap. Oleh karena itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

pembangunan ekonomi

Pengertian Pembangunan Ekonomi

pembangunan ekonomi ialah suatu proses kenaikan pendapatan total dan pendapatan perkapita dengan memperhitungkan adanya pertambahan penduduk yang disertai dengan perubahan fundamental dalam struktur ekonomi suatu negara dan pemerataan pendapatan bagi penduduk suatu negara.

Pembangunan Ekonomi ini bergantung dari pertumbuhan ekonomi (economic growth) yang dimana pembangunan ekonomi mendorong dalam tumbuhnya ekonomi dan sebaliknya pula, ekonomi memperlancar dalam proses pembangunan ekonomi.

Sedangkan maksud dari pertumbuhan ekonomi ialah suatu proses kenaikan kapasitas produksi suatu perekonomian yang diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional. Negara bisa disebut mengalami kenaikan pertumbuhan ekonomi bila terjadi peningkatan GNP rill di negara tersebut. Dengan adanya pertumbuhan ekonomi merupakan suatu indikasi terhadap keberhasilan dari pembangunan ekonomi.


Ciri-Ciri Pembangunan Ekonomi

  • Adanya suatu peningkatan GNP dan pendapatan perkapita yang disertai pemerataan
  • Terjadinya suatu perubahan struktur ekonomi

Tujuan Pembangunan Ekonomi

Tujuan pembangunan ekonomi dibagi menjadi dua yaitu sebagai berikut:

  • Tujuan pembangunan jangka pendek ialah untuk meningkatkan kesejahteraan, kecerdasan, dan taraf hidup masyarakat. Dapt juga mengengurangi kemiskinan, mengurangi pengangguran, dan mengurangi inflasi mata uang.
  • Tujuan pembangunan jangka panjang yaitu untuk mewujudkan masyarakat yang makmur dan adil yang merata secara meterial dan spiritual berdasarkan dengan nilai-nilai pancasila.

Dampak Pembangunan Nasional

Dampak Positif Pembangunan Ekonomi

  • Melalui pembangunan ekonomi, pelaksanaan suatu kegiatan perekonomian akan berjalan lebih lancar dan dapat mempercepat suatu proses pertumbuhan ekonomi.
  • Adanya pembangunan ekonomi dimungkinkan terciptanya suatu lapangan pekerjaan yang dibutuhkan oleh masyarakat, sehingga akan mengurangi pengangguran.
  • Terciptanya lapangan pekerjaan dari pembangunan ekonomi secara langsung memperbaiki sebuah tingkat pendapatan nasional
  • Melalui pembangunan ekonomi dimungkinkan adanya suatu perubahan struktur perekonomian dari struktur ekonomi agraris menjadi struktur ekonomi industri, sehingga suatu kegiatan ekonomi yang dilaksanakan oleh negara akan menjadi semakin beragam dan juga dinamis.
  • Pembangunan ekonomi menuntut adanya suatu peningkatan kualitas SDM sehingga dimungkinkan ilmu pengetahan dan teknologi menjadi semakin berkembang pesat. Sehingga makin untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dampak Negatif Pembangunan Ekonomi

  • Adanya pembangunan ekonomi yang tidak terencana dengan baik sehingga menyebabkan adanya kerusakan lingkungan hidup.
  • Industrialisasi menyebabkan berkurangnya lahan pertanian.
  • Tersingkirnya/hilangnya habitat alam baik itu alam hayati atau hewani
  • Terjadinya pencemaran air, udara, dan tanah dari ketidakdisiplinannya manusia.

Itulah ulasan tentang Pembangunan Ekonomi : Pengertian, Tujuan, Dan Ciri Beserta Dampaknya Secara Lengkap semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih

Baca juga refrensi artikel terkait lainnya disini :