“Pelaku Ekonomi” Pengertian & ( Macam – Peran )

Posted on

“Pelaku Ekonomi” Pengertian & ( Macam – Peran )

GuruPendidikan.Com – Untuk kali ini kami akan memberikan informasi mengenai pelaku ekonomi yang meliputi seperti pengertian pelaku ekonomi, macam-macam pelaku ekonomi, dan peran pelaku ekonomi. Apabila kita mengamti kehidupan di sekitar kita, dapat kita temukan bahwa aktivitas manusia yang sehari-hari senantiasa berkaitan arat dengan kegiatan pokok ekonomi, yaitu kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi.

"Pelaku Ekonomi" Pengertian & ( Macam - Peran )

Pengertian Pelaku Ekonomi

Dalam hal ini pelaku ekonomi merupakan individu-individu atau lembaga-lembaga yang terlibat dalam proses kegiatan ekonomi baik produksi, distribusi, maupun konsumsi. Yang berperan dalam pelaku ekonomi ialah rumah tangga, masyarakat, perusahaan/sektor usaha dan pemerintah.

Macam-Macam Pelaku Ekonomi

Berikut ini merupakan macam-macam pelaku ekonomi yang diantaranya yaitu:

Rumah Tangga “Konsumen”

Dalam hal ini yang dimaksud dengan rumah tangga ialah bagian dari masyarakat, dapat berupa perorangan, kelompok, lembaga-lembaga maupun badan-badan sebagai konsumen barang-barang atau jasa dari hasil produksi. Singkatnya ialah sebagai pemakai barang atau jasa, rumah tangga merupakan pemilik dari berbagai faktor produksi yang tersedia dalam perekonomian. Faktor produksi yang dimiliki oleh rumah tangga ialah SDM, hasil alam, tanah dan bangunan.

Yang dalam kegiatan produksinya, perusahaan membeli faktor produksi yang dimiliki oleh rumah tangga. Perusahaan membayar balas jasa atas penggunaan faktor produksi tersebut dengan berupa gaji, upah, sewa, bunga dan sebagainya kepada rumah tangga. Hasil balasa jasa tersebut, digunakan rumah tangga untuk membeli hasil produksi rumah tangga produksi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Perusahaan “Produsen”

Perusahaan ialah organisasi yang dikembangkan oleh seseorang atau sekumpulan orang dengan tujuan untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat. Dengan kata lain perusahaan ialah satuan ekonomi yang didirikan untuk tujuan memproduksi barang dan jasa dalam upaya memenuhi kebutuhan masyarakat. Untuk memproduksi barang dan jasa tersebut diperlukan input “masukan” berupa tenaga kerja “SDM” bahan-bahan dasar dan bahan pembantu “SDA”, barang-barang modal seperti alat-alat produksi yang dikombinasikan dengan teknologi produksi di bawah pimpinan seorang penmgusaha.

Pemerintah

Yang dalam hal ini sama seperti rumah tangga/konsumen dan perusahaan/produsen, pemerintah “negara” dapat dipandang sebagai suatu unit ekonomi atau rumah tangga yang menghasilkan barang dan jasa tertentu untuk kepentingan umum.

Pemerintah yang dimaksud ialah badan-badan yang bertugas untuk mengatur kegiatan ekonomi, badan-badan ini akan mengawasi kegiatan rumah tangga konsumsi dan rumh tangga produksi supaya mereka melakukan kegiatan dengan cara yang wajar dan tidak merugikan masyarakat secara keseluruhan.

Badan-badan pemerintah tersebut antara lain:

  • Departemen penanaman modal.
  • Badan penanaman modal.
  • Bank sentral.
  • Parlemen.
  • Pemerintah daerah.
  • Dan angkatan bersenjata.

Hasil kegiatan produksi “output” yang dilakukan pemerintah sebagian besar berupa jasa-jasa yang diselenggarakan untuk masyarakat secara keseluruhan dan pada dasarnya tidak perjualbelikan di pasar. Oleh karena itu disebut jasa-jasa atau jasa kolektif seperti keamanan, pertahanan, pemerintahan, pengadilan, hubungan politik dengan luar negeri. Adapun input yang dibutuhkan pemerintah ialah sumber-sumber daya insani seperti pegawai, tentara, polisi, dokter, guru, gedung, mobil, tekstil, kerta, sumber daya alam, manajemen, ilmu pengetahuan/teknologi.

Masyarakat Luar Negeri

Tidak semua kebutuhan tersedia di dalam negeri begitu pun sebaliknya, maka perlu diadakan kegiatan ekspor maupun impor untuk memenuhinya.n Kegiatan ekspor dibayar dengan valuta asing “devisa” menurut kurs tertentu.
Jadi keluarnya arus barang dan jasa diimbangi arus uang yang masuk dari luar negeri ke dalam negeri. Kegiatan impor menyebabkan masuknya arus barang dan jasa dari luar negeri ke dalam negeri. Dengan demikian ada arus uang ke luar “luar negeri” untuk pembayaran.

Peran Pelaku Ekonomi

Yang dalam hal ini secara umum peran para pelaku ekonomi ialah sebagai penggerak kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera, adil dan merata.

Demikianlah pembahasan mengenai “Pelaku Ekonomi” Pengertian & ( Macam – Peran ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga: