Pegertian Merkantilisme Beserta Latar Belakang Dan Tujuannya

Aris Kurniawan

Pegertian Merkantilisme

Pegertian Merkantilisme Beserta Latar Belakang Dan Tujuannya– Merkantilisme Merupakan sebuah teori atau praktek ekonomi, yang lebih dominan di Eropa dari abad ke-16 sampai abad ke-18, yang dipromosikan melalui okonomi pemerintahan negara dengan bertujuan menambah kekuasaan suatu negara dengan mengorbankan kekuatan nasional saingannya. Ini merupakan mitra dari sebuah politik ekonomi monarki absolut atau absolutisme.

Dalam penerapannya terkini teori merkantilis bervariasi, dari satu penulis ke penulis lain dan sudah berkembang dari masa ke masa. Terutama pada barang-barang maufaktur tarif lebih tinggi, dan merupakan fitur yang hampir universal dan sebuah kebijakan merkantilis.

Tujuan Merkantilisme

Merkantilisme merupakan kebijakan sebuah ekonomi nasional dengan tujuan untuk mengumpulkan cadangan moneter melalui sebuah keseimbangan perdagangan yang positif, yang terutamanya pada sebuah barang jadi.Secara historis, Penyebab perang dan termotivasi untuk melakukan ekspansi kolonial adalah kebijakan tersebut.

  • Kebijakan lainnya
  1. Menciptakan koloni di luar negeri
  2. Melarang daerah koloni untuk melakukan perdagangan dengan negara-negara lain
  3. Memonopoli pasar dengan port pokok
  4. Melarang ekspor emas dan perak, bahkan untuk alat pembayaran
  5. Melarang perdagangan untuk dibawa dalam kapal asing
  6. Subsidi ekspor
  7. Mempromosikan manufaktur melalui penelitian atau subsidi langsung
  8. Membatasi upah
  9. Memaksimalkan penggunaan sumber daya dalam negeri
  10. Membatasi konsumsi domestik melalui hambatan non-tarif untuk perdagangan
Contoh Sejarah Merkantilisme

Contoh Sejarah Merkantilisme

Teori Merkantilisme

Semua ahli ekonomi Eropa antara tahun 1500 sampai tahun 1750 dianggap sebagai merkantilis meskipun ketika itu istilah ‘merkantilis’ belum dikenal. Istilah ini pertama kali diperkenalkan oleh Victor de Riqueti, marquis de Mirabeau pada tahun 1763, dan kemudian dipopulerkan oleh Adam Smith pada tahun 1776.

Pada kenyataannya, Adam Smith menjadi orang pertama kali menyebutkan kontribusi merkantilis terhadap ilmu ekonomi dalam bukunya yang berjudul The Wealth of Nations.

Pada awal periode modern, dari abad ke-16 sampai ke-18 ajaran merkantilisme sangat dominan di seluruh sekolah Eropa. Untuk pertama kalinya peristiwa ini memicu intervensi suatu negara dalam mengatur sebuah perekonomian yang akhirnya pada zaman ini pula sistem kapitalisme mulai lahir. Yang mendorong terjadinya peperangan dibanyak kalangan negara Eropa adalah kebutuhan akan pasar yang diajarkan oleh teori merkantilisme itu sendiri.

Latar Belakang Merkantilisme

  1. Dengan adanya negara-negara merdeka di Eropa seperti Perancis, Inggris, Jerman, Belanda dan Italia
  2. Negara-negara tersebut ingin mempertahankan kesejahteraan, kedaulatan dan kebebasan rakyatnya
  3. Dibutuhkan suatu kondisi perekonomian yang kuat agar ditetapkan logam mulia sebagai standar ukuran kekayaan suatu Negara
  4. Dibuka jaringan perdagangan ke luar negeri dan eksploitasi serta diadakan pelayaran ke wilayah – wilayah yang baru

Demikian Penjelasan Tentang Pegertian Merkantilisme Beserta Latar Belakang Dan Tujuannya Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com 😀

Most popular articles related to Pegertian Merkantilisme Beserta Latar Belakang Dan Tujuannya
Shares