Pasar Barang : Pengertian, Ciri, Dan Macam Beserta Contohnya Secara Lengkap

Posted on

Pasar Barang : Pengertian, Ciri, Dan Macam Beserta Contohnya Secara Lengkap – Tahukah anda apa yang dimaksud pasar uang ??? Jika anda belum mengetahuinya anda tepat sekali mengunjungi gurupendidikan.com. Karena pada kesempatan kali ini disini akan mengulas tentang pengertian pasar barang, ciri pasar uang, dan macam pasar barang beserta contohnya secara lengkap. Oleh karena itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

pasar barang

Pengertian Pasar Barang

Pasar barang adalah tempat dimana para pembeli melakukan interaksi untuk menentukan jumlah dan harga barang atau jasa yang diperjualbelikan.

Pasar Barang ialah suatu sarana bertemunya penjual dan pembeli secara langsung maupun tidak langsung untuk melakukan suatu kegiatan jual beli barang dan jasa. Tingkat persaingan yang meliputi jumlah penjual dan pembeli yang dihadapi pasar akan bisa menentukan bentuk struktur pasar.

Contoh pasar barang

pasar kopi, pasar karet, dan pasar kain. Sedangkan pasar faktor yaitu tempat dimana para pengusaha (pembeli faktor produksi) mengadakan interaksi dengan para pemilik faktor produksi untuk menentukan harga (pendapatan) dan jumlah berbagai faktor produksi yang akan digunakan dalam menghasilkan barang-barang dan jasa yang diminta masyarakat.


Ciri-Ciri Pasar Barang

  • Adanya calon penjual dan pembeli didalam pasar
  • Adanya suatu barang atau jasa yang hendak diperjual belikan didalam pasar
  • Adanya sebuah Interaksi antara sih penjual dan pembeli baik secara langsung maupun tidak langsung
  • Adanya suatu proses permintaan dan penawaran oleh kedua belah pihak.

Macam-Macam Pasar Barang

Pasar barang bisa dibagi lagi menjadi dua macam, yaitu sebagai berikut :

loading...

1. Pasar Barang Nyata/Riil

Pasar barang nyata ialah sebuah pasar yang menjual produk dalam bentuk barang yang bentuk dan fisiknya jelas. Pasar ini mempertemukan antara penjual dengan pembeli secara langsung (face to face) dan ada tawar-menawar, ada barang dagangan, ada transaksi, penyerahan barang secara langsung.

Contohnya yaitu Pasar Kebayoran Lama, Pasar Senen, pasar malam, pasar kaget, dan lain-lain.

2. Pasar Barang Abstrak

Pasar barang abstrak yaitu sebuah pasar yang menjual produk yang tidak terlihat atau tidak riil secara fisik. Pasar ini mempertemukan penjual dan pembeli, di mana penjual hanya membawa contoh barang saja atau dalam pasar tersebut tawar-menawar dilakukan melalui internet, surat kabar, telepon, faximile.

Contoh jenis pasar ini adalah pasar komoditas yang menjual barang semu seperti pasar karet, pasar tembakau, pasar timah, pasar kopi dan lain sebagainya.

Itulah ulasan tentang Pasar Barang : Pengertian, Ciri, Dan Macam Beserta Contohnya Secara Lengkap Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

Baca juga refrensi artikel terkait lainnya disini :