“Pariwisata” Pengertian & ( Unsur – Jenis )

Posted on

“Pariwisata” Pengertian & ( Unsur – Jenis )

GuruPendidikan.Com – Untuk saat ini istilah pariwisata sangat populer di semua kalangan dan seiring perkembangan jaman serta berkembang pesatnya teknologi tempat-tempat wisata mudah di kunjungi. Bila kita berpergian ke suatu tempat yang ingin kita kunjungi saat berlibur, hal seperti itu sering disebut dengan pariwisata dan istilah ini sering sekali di hubungkan dengan liburan atau rekreasi.

Pengertian Pariwisata

Secara umum Pariwisata ialah perjalanan yang dilakukan oleh seseorang dalam jangka waktu tertentu dari suatu tempat ke tempat lain dengan melakukan perencanaan sebelumnya, tujuannya untuk rekreasi atau untuk suatu kepentingan sehingga keinginannya dapat terpenuhi atau pariwisata dapat diartikan juga sebagai suatu perjalanan dari suatu tempat ke tempat lain untuk rekreasi lalu kembali ke tempat semula.

Unsur-Unsur Pariwisata

Adapun beberapa unsur yang ada dalam industri pariwisata saat ini, diantaranya seperti:

Biro Perjalanan

Merupakan badan usaha dimana melayani semua proses perjalanan pariwisata sedang berangkat sampai kembali pulang, yang sehingga wasatawan mendapatkan kenyamanan selama perjalanan pariwisata.

Akomodasi

Merupakan tempat untuk tinggal sementara atau lebih sering disebut dengan tempat menginap. Banyak sekali pilihan menginap saat melakukan perjalanan wisata saat ini, misalnya tempat tersebut seperti hotel, perkemahan, motel dan lain-lain.

Saat ini semakin berkembang tempat untuk menginap terutama dalam segi fasilitas dan berbagai macam kebutuhan, seperti makan dan minum, fasilitas oleh raga, fasilitas ruang pertemuan, fasilitas jamuan-jamuan dan lain-lain. Karena semakin berkembangnya jaman dan teknologi maka kebutuhan para wasatawan-pun semakin banyak dan berkembang, sehingga harus disediakan oleh perusahaan yang bergerak di bidang akomodasi ini.

Transportasi

Merupakan industri pada pariwisata yang menyediakan jasa angkutan, jasa transportasi ini mulai dari angkutan darat, laut dan juga udara. Pengelolaan jasa angkutan ini banyak sekali mulai yang dikelola oleh pihak swasta sampai pemerintah. Jasa ini sangat berpengaruh bagi bidang pariwisata, karena dapat mempermudah untuk mencapai tempat tujuan wisata, saat ini banyak sekali jasa-jasa yang ditawarkan terutama dengan harga yang terjangkau.

loading...

Jasa Boga Dan Restoran

Merupakan fasilitas dalam bidang makanan dan minuman ketika berwisata, saat ini industri jasa boga dan restoran dalam pariwisata sangat menguntungkan karena dalam setiap wisatawan pastinya selalu membutuhkan makanan dan minuman sehingga mereka pasti membelinya serta ingin mencoba berbagai jenis makanan maupun minuman daerah setempat. Dan makanan dan minuman ini biasanya sering dijadikan sebagai cindera mata atau oleh-oleh untuk di bawa pulang ke rumah.

Money Changer / Tempat Penukaran Uang

Tempat untuk menukarkan mata uang asing saat ini semakin berkembang, penukaran mata uang asing tidak hanya dilakukan di bank saha tapi banyak sekali perusahaan yang tersebar di tempat tertentu, terutama di kota-kota besar yang menyediakan penukaran mata uang asing.

Atraksi Wisata

Merupakan pertunjukan yang diadakan di tempat-tempat wisata, pertunjukan tersebut misalnya seperti tarian, musik dan lain-lain. Pertunjukan dapat dilakukan secara tradisional maupun secara modern, melalui industri atraksi wisata maka dapat meningkatkan keunggulan daerah wisata setempat sehingga dikenal oleh banyak orang.

Oleh-Oleh Atau Cindera Mata

Industri cindera mata sangat menjanjikan di daerah tempat wisata, karena setiap orang yang berwisata umumnya selalu membeli cindera mata untuk dibawa pulang ke rumah, cindera mata ini umumnya berupa benda kerajinan tangan khas daerah setempat.

Jenis-Jenis Pariwisata

Adapun untuk jenis-jenis pariwisata diantaranya yaitu:

Pariwisata Lokal

Merupakan pariwisata yang ruang lingkupnya sangat terbatas hanya pada tempat-tempat tertentu saja pada suatu daerah, misalnya seperti wisata yang ada di kota bandungm kota malang dan lain-lain.

Pariwisata Regional

Merupakan pariwisata pada suatu daerah tetapi lebih luas ruang lingkupnya dari pada pariwisata lokal, misalnya pengunjung berwisata mengunjungi tempat-tempat yang ada di jawa barat, jawa timur dan lain-lain.

Pariwisata Nasional

Merupakan pariwisata yang ruang lingkupnya sangat luas mencapai suatu negara, biasanya wisatawan yang datang bukan hanya dari dalam negeri tapi juga dari luar negeri. Misalnya wisatawan yang berkujung ke Indonesia untuk berwisata di tempat-tempat yang ada di Indoensia.

Pariwisata Regional-Internasional

Merupakan pariwisata yang ruang lingkunya lebih luas dari pada nasional, tapi memiliki batas-batas tertentu misalnya berwisata di negara-negara yang terdapat di Eropa barat, Asia timur, Asia tenggara dan lain-lain.

Pariwisata Internasional

Merupakan pariwisata ruang laingkupnya seluruh negara yang ada di dunia, jadi wistawan berkunjung ke negara-negara yang ada di seluruh penjuru dunia.

Demikianlah pembahasan mengenai “Pariwisata” Pengertian & ( Unsur – Jenis ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: