“Paragraf Ineratif” Pengertian & ( Ciri – Contoh )

Posted on

“Paragraf Ineratif” Pengertian & ( Ciri – Contoh )

GuruPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai paragraf ineratif yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, ciri dan contoh, nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Paragraf Ineratif

Paragraf ineratif merupakan suatu paragraf yang kalimat utamanya berada di tengah-tengah paragraf. Paragraf ini dikembangkan dengan pola khusus-umum-khusus yaitu menyajikan hal-hal khusus sebagai pangantar terlebih dahulu, lalu menyajikan gagasan utamanya dan kemudian kembali dijelaskan dengan hal khusus untuk memperkuat gagasan utama tersebut.

Ciri-Ciri Paragraf Ineratif

Adapun ciri-ciri paragraf ineratif yang diantaranya yaitu:

  • Gagasan utama terletak di kalimat utama pada bagian tengah paragraf.
  • Di awali dengan hal-hal khusus terlebih dahulu sebagai pengantar gagasan utama.
  • Diakhiri kembali dengan hal khusus sebagai penguat gagasan utama.

Contoh

Pada zaman dahulu desain mobil sangat sederhana, mesinnya hanya digerakan dengan tenaga uap sehingga kecepatan yang dapat dicapai tidaklah begitu cepat. Bahkan mobil-mobil ini tidak bisa melaju ke tempat yang sangat jauh.

Tetapi saat ini mobil telah bertransportasi menjadi sebuah teknologi yang sangat canggih. Bentuk desainnya kini beraneka ragam, ada yang sporty, elegan, mewah dan masih banyak lagi. Mesinnya pun kini telah sangat canggih dan digerakan dengan bahan bakar minya yang sehingga mampu untuk melaju dengan sangat cepat di lintasan.

Dan terlebih lagi, teknologi mobil saat ini telah dilengkapi dengan alat-alat canggih lainnya, seperti GPS, ponsel, pemutar musik, radio, televisi dan lain-lain. Tidak hanya dilengkapi dengan alat-alat canggih, saat ini mobil juga didukung dengan alat keselamatan bagi penggunanya misalnya air bag, sistem rem otomatis dan lain-lain.

Kalimat pertama dan kedua pada paragraf di atas ialah gagasa penjelas yang berfungsi sebagai pengantar menuju gagasa utamanya yakni saat ini mobil telah bertransportasi sebagai teknologi yang sangat canggih, kemudian gagasan utama ini dikembangkan lagi dengan gagasan-gagasan penjelas pada kalimat-kalimat berikutnya.

Demikianlah pembahasan mengenai “Paragraf Ineratif” Pengertian & ( Ciri – Contoh ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: