“Opini Publik” Pengertian Menurut Para Ahli & ( Karakteristik – Tahap Pembentukan )

Posted on

“Opini Publik” Pengertian Menurut Para Ahli & ( Karakteristik – Tahap Pembentukan )

GuruPendidikan.Com – Dalam hal ini berdasarkan Etimologi “etymology: ilmu tentang asala kata” Opini publik ialah terjemahan dari kosa kata bahasa Inggris yakni Public opinion. Ditinjau dari sudut asal katanya “Etymology” Public Opinion berasal dari bahasa latin yakni opinari dan Publicus. Adapun Opinary berarti berfikir atau menduga, dalam bahasa inggris juha mengandung arti option and hope yang juga berasal dari bahasa latin yakni optio, sedangkan publicus mempuntai arti milik masyarakat luas.

Pengertian Opini Publik Menurut Para Ahli

Adapun beberapa pengertian opini publik menurut para ahli yang di definisikan dari beberapa para ahli diantaranya yaitu:

Menurut Frazier Moore “2004”

Menjelaskan Opini Public ialah ungkapan keyakinan yang menjadi pegangan bersama diantara para anggota sebuah kelompok atau public, mengenai suatu masalah controversial yang menyangkut kepentingan umum.

Menurut Emory Bogardus

Di dalam buku The Making of Public Opinion “h.5” : Opini publik ialah hasil pengintegrasian pendapat berdasarkan diskusi yang dilakukan didalam masyarakat demokratis. Opini publik bukan merupakan seluruh jumlah pendapat individu-individu yang dikumpulkan. Dengan demikian berarti:

  • Opini publik itu bukan merupakan kara sepakat “senstemmig, unanimous”.
  • Tidak merupakan jumlah pendapat yang dihitung secara “numerical” (numeriek, menurut jumlah) berapa jumlah.

Menurut George L. Bird Dan Frederick E. Merwin

Mengemukakan dalam bukunya The Press and Society, pendapat Clyde L. King dalam tulisannya Public Opinion a Manifestation of the Social Mind, bahwa opini publik itu ialah penilaian sosial “social judgment” mengenai sesuatu hal yang penting dan berarti atas dasar pertukaran fikiran yang dilakukan individu-individu dengan sadar dan rasionil.

Menurut Leonardo W. Dood Dalam Soemirat “2004”

Opini Public ialah sikap orang-orang mengenai sesuatu persoalan dimana mereka merupakan anggota dari sebuah masyarakat yang sama.

Menurut Edward M

Dalam How Public Pinion Is Formed menjelaskan bahwa : Opini public tidak selalu logis, opini public tidak berbentuk, ambivalen, ontradikjtif, mudah berubah. Konsekuensinya mereka mempengaruhi opini public hanya dapat berharap bahwa usaha mereka dari waktu ke waktu menimbulkan consensus terhadap persepsi yang masuk akan terhadap isu yang berkembang.

Menurut Emory Bogardus “1951”

Opini public ialah hasil pengintegrasian pendapat berdasarkan diskusi yang dilakukan di dalam masyarakat demokratis, opini public bukan merupakan sejumlah pendapat individu-individu yang dikumpulkan.

Maka menurutnya opini public dapat berarti tiga hal yaitu:

  • Opini public bukan merupakan kata sepakat.
  • Tidak merupakan sejumlah pendapat yang dihitung secara numerical.
  • Opini public hanya dapat berkembang di Negara-negara demokratis yang mengakui Freedom of teh press.

Kerakteristik Opini Publik

Opini publik mewakili kesepakatan yang dimulai dengan sikap orang-orang terhadap isu yang masih tanda tanya, Seitel “dalam Soemirat dan Ardianto, 2004” menyebutkan bahwa sikap didasarkan pada jumlah kerakteristik yaitu:

  • Personal secara fisik unsur emosional suatu individu termasuk kondisi, usia dan status sosial.
  • Culture, lingkungan dan gaya hidup dalam area geografis tertentu, seperti orang Jepang berbeda dengan orang Amerika atau orang desa di Amerika.
  • Pendidikan tingkat dan kualitas pendidikan seseorang.
  • Family “people’s roof” semacam akar rumput seseorang.
  • Religi suatu system kepercayaan tentang tugan atau supranatural.
  • Tingkat sosial posisi dalam masyarakat, perubahan status sosial yang dimiliki seseorang.
  • Ras, asal etnik/suku.

Tahap Pembentukan

Opini tidak terjadi begitu saja, seperti yang diungkapkan Ferdinan Tonnies, proses atau tahap pembentukan opini sebagai berikut:

  • Die liftarigen position, opini publik masih berada dalam keadaan yang tidak teratur.
  • Die fleissigen pisition, opini sudah mulai menuju ke arah pembicaraan yang lebih jelas pendapat mulai berkumpul kearah tertentu serta jelas.
  • Die festigenposition, opini berada pada tahap pembicaran atau diskusi yang telah mantap terhadap suatu pendapat dan siap untuk diyakini keberadaannya.

Demikianlah pembahasan mengenai “Opini Publik” Pengertian Menurut Para Ahli & ( Karakteristik – Tahap Pembentukan ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: