“Musyawarah” Pengertian & ( Ciri – Tujuan – Manfaat – Contoh )

Posted on

“Musyawarah” Pengertian & ( Ciri – Tujuan – Manfaat – Contoh )

GuruPendidikan.Com – Kata musyawarah pada dasarnya hanya digunakan untuk hal-hal yang baik, sejalan dengan makna dasarnya. Sedangkan menurut istilah fiqh ialah meminta pendapat orang lain atau umat mengenai suatu urusan. Kata musyawarah juga umum diartikan dengan perundingan atau tukar pikiran.

"Musyawarah" Pengertian & ( Ciri - Tujuan - Manfaat - Contoh )

Prundingan itu juga disebut musyawarah, karena masing-masing orang yang berunding dimintai atau diharapkan mengeluarkan atau mengemukakan pendapatnya tentang suatu masalah yang di bicarakan dalam perundingan itu.

Musyawarah merupakan salah satu hal yang amat penting bagi kehidupan insani, bukan saja dalam kehidupan berbangsa dan bernegara melainkan dalam kehidupan berumah tangga dan lain-lainnya. Islam memandang penting peranan musyawarah bagi kehidupan umat manusia, antara lain dapat dilihat dari perhatian al-Qur’an dan Hadis yang memerintahkan atau menganjurkan umat pemeluknya supaya bermusyawarah dalam memecah berbagai persoalan yang mereka hadapi.

Pengertian Musyawarah

Musyawarah ialah cara merumuskan sesuatu hal berdasarkan kehendak orang banyak, artinya pengambilan suatu keputusan berdasarkan kehendak orang banyak sehingga kebulatan berpendapat tercapai, suatu keputusan tidak harus berdasarkan kemenangan atas dasar suara terbanyak, akan tetapi suatu keputusan diutamakan kebulatan pendapat yang berdasarkan atas kata sepakat atau mufakat.

Ciri – Ciri Musyawarah

Adapun ciri-ciri Musyawarah yang antara lain yaitu:

  • Berdasarkan kepentingan bersama.
  • Hasil keputusan harus dapat diterima dengan akal sehat sesuai hati nurani.
  • Usul atau pendapat yang disampaikan mudah dipahami dan tidak memberatkan anggota lain.
  •  Dalam proses musyawarah pertimbangan moral lebih diutamakan dan bersumber dai hati nurani yang luhur.

Tujuan Musyawarah

Adapun tujuan musyawarah yang diantaranya yaitu:

loading...
  • Musyawarah dilaksanakan untuk membuka pintu kesulitan dan memberikan kesempatan untuk melihat sebuah perkara dari berbagai sudut pandang, sehingga keputusan yang diambil dan dihasilkan sesuai dengan standar dan persepsi seluruh anggota. Keputusan yang diperoleh dengan musyawarah akan lebih berbobot karena didalamnya terdapat pendapat, pemikiran dan ilmu dari para anggota.
  • Musyawarah dilakukan untuk memperoleh kesepakatan bersama sehingga keputusan yang akhirnya diambil bisa diterima dan dijalankan oleh semua anggota dengan penuh rasa tanggung jawab.

Manfaat Musyawarah

Manfaat musyawarah hakikatnya dapat mengajarkan pada para anggotanya tentang nilai-nilai keadilan dan kebersamaan. Musyawarah harusnya dapat menghasilkan keputusan yang seadil-adil demi kepentingan bersama.

Demi kelancaran jalannya sebuah musyawarah, para anggota dianjurkan untuk mematuhi segara peraturan yang berlaku, misalnya dengan cara menghormati pandapat yang disampaikan orang lain meskipun pendapat tersebut berentangan satu sama lainnya, tidak boleh memotong saat seseorang sedang menyampaikan pendapat, agar musyawarah dapat berjalan dengan aman dan tertib. Jadi, dalam musyawarah keputusan berdasarkan kebulatan pendapat bukan berdasarkan suara terbanyak.

Contoh Musyawarah

Adapun contoh musyawarah diantaranya yaitu:

  • Musyawarah dilingkungan keluarga mengenai tempat liburan yang akan dikunjungi.
  • Musyawarah di lingkungan sekolah.
  • Musyawarah di lingkungan pemerintah.

Demikianlah pembahasan mengenai “Musyawarah” Pengertian & ( Ciri – Tujuan – Manfaat – Contoh ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga: