“Masyarakat Ekonomi Eropa” Definisi & ( Sejarah – Tujuan )

Posted on

“Masyarakat Ekonomi Eropa” Definisi & ( Sejarah – Tujuan )

GuruPendidikan.Com – Perang dunia II, Eropa mengalami kemiskinan dan perpecahan, usaha untuk mempersatukan Eropa sudah dilakukan, namun keberhasilannya bergantung pada dua negara besar, yaitu Prancis dan Jerman Barat.

"Masyarakat Ekonomi Eropa" Definisi & ( Sejarah - Tujuan )

Masyarakat Ekonomi Eropa “EEC” merupakan organisasi kawasan yang bertujuan menyatukan ekonomi negara-negara anggotanya. Organisasi ini dibentuk melalui perjanjian Roma pada tahun 1957.

Setelah Uni Eropa “UE” dibentuk tahun 1993, MEE disatukan dan berganti nama menjadi Masyarakat Eropa “EC”, pada tahun 2009, semua lembaga ME dileburkan menjadi Uni Eropa.

Sejarah MEE

Lembaga-lembaga tersebut pada tanggal 1 Juli 1967 bergabung menjadi satu organisasi yaitu Masyarkat Eropa “ME” dan kemudian pada tahun 1993 menjadi Uni Eropa “European Union”.

Yang pada awalnya kegiatan Uni Eropa hanya terbatas di bidang perdagangan, akan tetapi sejalan dengan pertambahan anggota, kegiatan Uni Eropa berkembang tidak hanya di bidang perdagangan tetapi dalam bidang yang lebih luas seperti perpajakan, perindustrian, pertanian dan politik. Upaya ini dilanjutkan dengan membentuk pasaran bersama yaitu sebuah perjanjian untuk menghapus halangan terhadap mobilitas faktor produksi sesama anggota Uni Eropa.

Tujuan Pembentukan Organisasi MEE

Adapun dalam hal ini MEE menegaskan tujuannya antara lain yaitu:

  • Integrasi Eropa dengan cara menjalin kerja sama ekonomi, memperbaiki taraf hidup, dan memperluas lapangan kerja.
  • Memajukan perdagangan dan menjamin adanya persaingan bebas serta keseimbangan perdagangan antarnegara anggota.
  • Menghapuskan semua rintangan yang menghambat lajunya perdagangan internasional.
  • Meluaskan hubungan dengan negara-negara selain anggota MEE.

Untuk mewujudkan tujuannya, MEE membentuk pasar bersama eropa “Comman Market”, keseragaman tarif dan kebebasan bergerak dalam hal buruh, barang, serta modal.

Negara-Negara Anggota MEE

Untuk hal demikian ini adapun anggota Uni Eropa terdiri atas 27 negara yaitu: Irlandia, Inggris, Prancis, Portugal, Spanyol, Italia, Yunani, Australia, Belgia, Luksemburg, Jerman, Belanda, Denmark, Swedia, Finlandia, Polandia, Ceko, Hongaria, Slovenia, Siprus, Malta, Slovakia, Latvia, Lithuania, Estonia dan Portugal.

Demikianlah pembahasan mengenai “Masyarakat Ekonomi Eropa” Definisi & ( Sejarah – Tujuan ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga: