Manfaat Sampah Untuk Kehidupan Beserta Penjelasannya

samhis setiawan

Manfaat Sampah Untuk Kehidupan Beserta Penjelasannya

GuruPendidikan.Com – Sampah dalam hal ini merupakan permasalahan lingkungan yang tidak pernah usai, semakin modern kehidupan manusia, maka kuantitas sampah yang dihasilkan pun akan semakin meningkat. Hal itu terlihat dari kecenderungan meningkatnya produksi sampah di daerah perkotaan seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk. Yang diperkirakan, rata-rata setiap orang per hari dapat menghasilkan 1-2 kg sampah.

Manfaat Sampah Untuk Kehidupan Beserta Penjelasannya

Untuk hal ini secara umum sampah dikenal menjadi dua jenis yakni sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik yakni jenis sampah yang dapat diurai oleh mikroorganisme pengurai. Contohnya sisa-sisa sayur, buah, dedaunan dan sejenisnya. Sampah organik dikenal juga dengan istilah sampah basah.

Untuk jenis yang kedua yakni sampah anorganik, sampah anorganik yakni jenis sampah yang sulit atau tidak dapat diuraikan oleh mikrooraganisme pengurai, yang sehingga berpotensi merusak lingkungan. Contohnya sampah plastik, seng, kaleng dan sejenisnya. Sampah anorganik ini juga dikenal dengan istilah sampah kering.

Sampah dalam hal ini apabila tidak dikelola dengan cukup baik maka akan berpotensi merusak lingkungan. Dan dapat mengakibatkan pencemaran baik pada tanah, air atau pun udara. Akan tetapi jika dikelola dengan baik, sebenarnya sampah-sampah tersebut pun masih memungkinkan untuk dimanfaatkan baik dalam bentuk aslinya ataupun melalui proses pengolahan atau daur ulang.

Untuk hal demikian ini agar sampat tersebut tidak merusaka lingkungan ada baiknya kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa manfaat sampah dalam kehidupan sehari-hari, yang diantaranya seperti:

Bahan Dasar pembuat Pupuk Organik

Sampah organik ialah bahan dasar utama pemb uatan pupuk organik, jadi sampah-sampah organik yang dihasilkan oleh rumah tangga seperti sampah dapur tidak ada salahnya dikumpulkan di suatu tempat, kemudian diolah menjadi pupuk organik.

Sampah dapur dapat diolah menjadi pupuk organik pada “misalnya kompos” atau pun pupuk organik cair. Namun, untuk sampah rumah tangga lebih disarankan untuk diolah menjadi pupuk organik cair. Hal ini mengapa, karena sampah rumah tangga kuantitasnya sedikit, namun selalu kontinyu atau terus menerus dihasilkan.

Untuk Pakan Ternak

Selain sampah organik seperti dedaunan yang masih hijau, sisa sayur dan buah dapat digunakan sebagai pakan ternak. Namun demikian pasti kan terlebih dahulu apakah dedaunan atau sisa sayur dan buah tersebut aman dan disukai oleh ternak anda. Karena tidak mungkin kan memberi sisa dedaunan pada ayam, tentunya harus sesuai juga dengan kebutuhan dan keinginan ternak.

Untuk Bahan Dasar Kerajinan Kreatif

Sampah dan barang-barang bekas juga masih dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar berbagai kerajinan tangan kreatif. Misalanya kertas plastik pembungkus sampo, deterjen, pewangi pakaian bisa dibuat menjadi tas atau dompet cantik. Plastik bekas pembungkus permen dapat disulap menjadi dompet unik dan lain-lain.

Demikianlah pembahasan mengenai Manfaat Sampah Untuk Kehidupan Beserta Penjelasannya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga:

Most popular articles related to Manfaat Sampah Untuk Kehidupan Beserta Penjelasannya
Shares