Macam-Macam Papil Pengecap Lidah

samhis setiawan

GuruPendidikan.Com – Untuk hal ini pada saat anda memakan seperti buah mangga, dalam hal ini apa yang anda rasakan..?? Indra apa saja yang dapat merasakan rasa tersebut, lalu bagaimana pembagian pengecap pada lidah…?? Dalam sistem indra merupakan sistem koordinasi lain yang mampu menerima rangsang tertentu.

Macam-Macam Papil Pengecap Lidah

Lidah ialah kumpulan otot rangka pada bagian lanti mulut yang dapat membantu pencernaan pada makanan dengan cara menguyah dan menelan. Lidah juga dikenal sebagai indera pengecap yang banyak memiliki struktur tunas pengecap.

Lidah juga turut membantu dalam tindakan bicara. Dan juga membantu membolak balik makanan yang ada di dalam mulut.  Pada lidah merupakan indra pengecap yang biasanya disebut dengan kemoreseptor.

Yang dimana kemoreseptor pada lidah berupa tunas pengecap atau kuncup rasa. Yang pada kuncup pengecap untuk masing-masing cita rasa terletak pada daerah lidah yang berbeda. Rasa yang dikenal lidah terdiri dari empat rasa yakni manis, asin, asam, dan pahit.

Macam-Macam Papil Pengecap Lidah

Pada lidah memiliki 3 macam papil pengecap yang diantaranya yaitu:

  • Papil bentuk benang yang merupakan papil pengecap yang tersebar di seluruh permukaan lidah.
  • Papil bgentuk huruf V merupakan papil pengecap yang tersusun dalam lengkungan yang diingkari saluran pada daerah dekat pangkal lidah.
  • Papil yang seperti bentuk martil/palu yang merupakan papil pengecap yang terdapat pada bagian tepi lidah.

Untuk rata-rata orang yang memiliki sekitar 10.000 selera atau papil pengecap dan mereka diganti yakni setiap dua minggu atau lebih. Tapi dengan semakin pertambahnya usia, beberapa dari mereka sel rasa tidak bisa diganti.

Ornga yang lebih tua mungkin hanya memiliki 5.000 selera yang bekerja. Itu sebabnya makanan tertentu mungkin memiliki rasa yang lebih kuat untuk anda dari pada yang mereka lakukan untuk orang dewasa. Orang yang merokok juga dalam hal ini dapat mengurangi jumlah selera seseorang.

Demikianlah pembahasan mengenai Macam-Macam Papil Pengecap Lidah semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Most popular articles related to Macam-Macam Papil Pengecap Lidah
Shares