“Latar Belakang” Pengertian & ( Cara Membuat – Contoh )

Posted on

“Latar Belakang” Pengertian & ( Cara Membuat – Contoh )

GuruPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai latar belakang yang dimana dalam hal ini meliputi seperti pengertian, cara membuat dan contohnya, agar lebih memahami dan mengerti simak ulasan dibawah ini.

"Latar Belakang" Pengertian & ( Cara Membuat - Contoh )

Pengertian Latar Belakang

Latar belakang merupakan dasar atau titik tolak untuk memberikan pemahaman kepada pembaca atau pendengar mengenai apa yang ingin kita sampaikan.

Latar belakang yang baik harus disusun dengan sejelas mungkin dan bila perlu disertai dengan data atau fakta yang mendukung.

Beberapa hal yang terdapat dalam latar belakang ialah:

  • Kondisi ideal mencakup keadaan yang dicita-citakan atau diharapkan terjadi, kondisi ideal ini biasa dituangkan dalam bentuk visi dan misi yang ingin diraih.
  • Kondisi aktual merupakan kondisi yang terjadi saat ini, biasa menceritakan perbedaan situasi antara kondisi saat ini dengan kondisi yang dicita-citakan terjadi.
  • Solusi merupakan saran singkat atau penawaran penyelsaian terhadap masalah yang dialami sebelum melangkah lebih lanjut ke pokok bahasan.

Selain itu, latar belakang bisa pula mengandung perbandingan dan penyempurnaan atas tulisan mengenai topik yang sama sebelumnya.

Cara Membuat Latar Belakang

Banyak hal yang ada dalam latar belakang yaitu:

Keadaan Ideal

Meliputi kondisi yang dicita-citakan atau diinginkan terjadi, keadaan ideal ini umum dituangkan berbentuk misi serta visi yang ingin dicapai.

Keadaan Aktual

Keadaan yang berlangsung sekarang ini, umum bercerita ketidaksamaan kondisi pada keadaan sekarang ini dengan keadaan yang dicita-citakan berlangsung.

Jalan Keluar

Anjuran singkat atau penawaran penyelesaian pada permasalahan yang dihadapi sebelumnya mengambil langkah selanjutnya ke pokok bahasan. Diluar itu latar belakang dapatlah memiliki kandungan perbandingan serta penyempurnaan atas tulisan tentang tema yang sama terlebih dulu.

Terangkan Masalahnya

Bikin susunan latar belakang permasalahan, anda dapat membuatnya dari hal yang umum dahulu lalu baru hal yang khusus atau demikian sebaliknya anda dahulukan yang khusus lalu yang umum.

Contoh Latar Belakang Dalam Satu Makalah

Berikut ialah latar belakang dalam satu makalah yang berjudul alat komunikasi :

Latar Belakang

Alat komunikasi telah dikenal mulai sejak jaman dulu, bahkan juga mulai sejak jaman pra histori pun alat komunikasi telah ada. Ketika itu manusia cuma mengetahui alat komunikasi dengan symbol atau gerakan/bahasa isyarat untuk mengemukakan suatu hal. Bila menginginkan lakukan komunikasi dengan yang beda tempat serta memiliki jarak yang lumayan jauh, pada waktu itu orang kirim kurir pembawa pesan yang memanglah mesti sangatlah terpercaya untuk mengemukakan pesan seorang.

Yang kemudian jaman berkembang serta manusia mulai mengetahui bahasa serta tulisan, yang lalu pada jaman ini dikenal dengan jaman histori. Pada jaman ini alat komunikasi berkembang lagi terkecuali symbol serta gerakan isyarat, manusia muali dapat menulis serta berbahasa tambah baik lagi, hingga bisa lakukan komunikasi tambah baik juga, serta bisa menulis surat lalu kirimnya pada orang yang menginginkan diberi pesan.

Lalu jaman makin berkembang sampai saat ini perubahan itu diiringi juga oleh perubahan teknologi yang saat ini semakin mutakhir saja, termasuk juga alat untuk berkomunikasi. Pada jaman globalisasi ini sudah lahir beragam jenis alat komunikasi, terkecuali surat yang lebih dahulu ada, kemudian telephone serta saat ini juga dikenal telephone genggam (handphone) yang kerap dimaksud dengan ponsel.

Bahkan juga aktivitas surat menyurat lewat kantor pos juga saat ini telah mulai menyusut bersamaan karenanya adfa email serta bermuculannya jejaring social seperti facebook, twitter, balckberry, whatsapp, serta ada banyak lagi. Saat ini manusia makin dimudahkan untuk lakukan komunikasi baik dengan yang berjarak dekat maupun dengan yang berjarak jauh. Sampai lalu nampak arti kalau teknologi ini mendekatkan yang jauh.

Demikianlah pembahasan mengenai “Latar Belakang” Pengertian & ( Cara Membuat – Contoh ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga: