“Konvensi London ( Convention Of London ) Definisi & ( Isi Tahun 1814 )

Posted on

“Konvensi London ( Convention Of London ) Definisi & ( Isi Tahun 1814 )

GuruPendidikan.Com – Untuk pembahasa kali ini kami akan mengulas mengenai konvensi london “convention of london” yang dalam hal ini meliputi definisi beserta isi, nah untuk lebih dapat memahami dan mengerti simak ulasan dibawah ini.

Persaingan Dagang Belanda Dengan Inggris

Dengan mengetahui taktik perdagangan Belanda dengan membentuk persekutuan dagang “VOC” maka Inggris juga mendirikan kongsi dagang yang dinamakan dengan EIC “East Indian Company” pada tahun 1600 dengan daerah operasi utamanya di Indonesia.

Dalam hal ini Inggris mengetahui bahwa Belanda menduduki Indonesia, maka Inggris berniat merebut Indonesia. Untuk mencapai tujuan tersebut di bawah pimpinan Lord Minto sebagai gubernur Jenderal Inggris di Calkuta didirikan ekspedisi Inggris untuk merebut kekuasaan Belanda di Indonesia.

Yang dimana pada tahun 1811 Inggris telah berhasil dapat merebut seluruh kekuasaan dari Belanda di tanah Indonesia, yang sehingga kekuasaan Inggris di Indonesia berada di bawah pimpinan Raffles hingga tahun 1816.

Definisi Konvensi London

Konvensi london merupakan pengembalian Indonesia kepada Belanda yang sempat diambil alih oleh Inggris, karena dianggap tidak ada untungnya bagi Inggris.

Konvensi London disepakati pada tahun 1814 dengan penyerahan kembali Indonesia kepada Belanda.

Isi Konvensi London

Dalam hal ini adapun isi pokok dari Konvensi London yang diantaranya yaitu:

  • Indonesia dikembaliakan kepada Belanda.
  • Jajahan-jajahan Belanda seperti Sailan, Kaap Koloni, Guyana tetap ditangan Inggris.
  • Cochain “di pantai malabar” diambil oleh Inggris dan Bangka diserahkan pada Belanda sebagai gantinya.

"Konvensi London ( Convention Of London ) Definisi & ( Isi Tahun 1814 )

Demikianlah pembahasan mengenai “Konvensi London ( Convention Of London ) Definisi & ( Isi Tahun 1814 ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasi banyak atas kunjungannya.

Baca Juga: