“Komunikasi Verbal” Pengertian & ( Jenis – Contoh )

Posted on

“Komunikasi Verbal” Pengertian & ( Jenis – Contoh )

GuruPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai komunikasi verbal yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, jenis dan contoh, untuk lebih memahami dan mengerti simak ulasan berikut ini.

"Komunikasi Verbal" Pengertian & ( Jenis - Contoh )

Pengertian Komunikasi Verbal

Komunikasi verbal merupakan suatu bentuk komunikasi yang disampaikan oleh komunikator kepada komunikan dengan menggunakan cara tertulis atau dengan cara lisan.

Definisi komunikasi verbal yang lainnya ialah suatu jenis dari kegiatan percakapan atau penyampaian pesan maupun informasi yang dilakukan seseorang kepada orang lain, baik itu disampaikannya secara lisan maupun secara tulisan.

Adapun arti yang lainnya dari komunikasi verbal yakni sebuah proses penyampaian pikiran, pesan ataupun perasaan seseorang kepada orang lain dengan memakai simbol-simbol yang menggunakan satu kata ataupun lebih sebagai medianya dan media yang umumnya digunakan yakni bahasa, karena bahsa dapat menejemahkan pikiran seseorang kepada orang lain.

Komunikasi verbal yang melalui lisan bisa disampaikan kepada penerima informasi dengan menggunakan media, seperti contohnya menyampaikan informasi melalui telepon dan komunikasi verbal yang melalui tulisan dilakukan secara tidak alngsung antara yang menyampaikan informasi “komunikator” dan penerima informasi “komunikan”, misal komunikasinya yang dilakukan dengan menggunakan media seperti surat-menyurat.

Jenis Komunikasi Verbal

Adapun jenis komunikasi verbal diantaranya yaitu:

Berbicara Dan Menulis

Berbicara ialah komunikasi verbal-vokal, sedangkan menulis ialah komunikasi verbal-non vokal. Contoh komunikasi verbal-vokal ialah presentasi dalam rapat dan contoh komunikasi verbal-non vokal ialah surat menyurat bisnis.

Mendengarkan Dan Membaca

Mendengar dan mendengarkan berbeda, mendengar berarti semata-mata memungut getaran bunyi sedangkan mendengarkan ialah mengambil makna dari apa yang didengar. Mendengarkan melibatkan 4 unsur yakni mendengar, memperhatikan, memahami dan mengingat. Membaca ialah suatu cara untuk mendapatkan informasi dari sesuatu yang ditulis.

Contoh Komunikasi Verbal

Adapun beberapa contoh dari komunikasi verbal misalnya seperti surat-menyurat, bercakap-cakap di telepon, presentasi tugas di depan kelas kepada teman, membaca koran, majalah, menonton TV, mendengarkan siaran radio dan lain sebagainya.

Demikianlah pembahasan mengenai “Komunikasi Verbal” Pengertian & ( Jenis – Contoh ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga: