“Kebutuhan Tersier” Pengertian & ( Faktor – Contoh )

Posted on

“Kebutuhan Tersier” Pengertian & ( Faktor – Contoh )

GuruPendidikan.Com – Dalam hal ini kebutuhan merupakan suatu aspek psikologis yang membantu makhluk hidup dalam beraktivitas dan menjadi alasan untuk semua makhluk hidup untuk berusaha. Tidak terkecuali manusia dengan bekerja, manusia memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan.

"Kebutuhan Tersier" Pengertian & ( Faktor - Contoh )

Satu lagi jenis kebutuhan yang sering ada dalam daftar kebutuhan manusia yakni kebutuhan tersier. Kebutuhan yang satu ini bentuknya sangat berbeda dengan dua kebutuhan manusia lainnya “primer dan sekunder”.

Nah untuk kesempatan ini kami akan mengulas mengenai kebutuhan tersier, untuk lebih jelasnya simak ulasannya dibawah ini.

Pengertian Kebutuhan Tersier

Kebutuhan tersier ialah kebuthan yang hanya biasa dipenuhi dengan mengonsumsi benda yang tergolong mewah atau luks. Kebutuhan tersier atau kebutuhan ketiga merupakan tingkat kebutuhan yang paling tinggi.

Kebutuhan tersier muncul setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi, karena itu kebutuhan tersier lebih bersifat prestisius, artinya orang yang dapat memenuhi kebutuhan ini akan terangkat derajat atau martabatnya.

Kebutuhan ini biasanya hanya dapat dipenuhi oleh sebagian kecil masyarakat yang memiliki ekonomi biaya tinggi atau orang-orang kaya. Kebutuhan tersier bersifat hiburan atau kesenangan belaka. Kebutuhan ini tidak berpengaruh terhadap kelangsungan hidup manusia.

loading...

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Tersier

Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan tersier yang diantaranya yaitu:

  • Tingkat pendapatan.
  • Tingkat pendidikan.
  • Status sosial.
  • Pergaulan.
  • Lingkungan tempat tinggal.

Contoh Kebutuhan Tersier

Setelah pada bagian sebelumnya kita sudah membahas pengertian dari kebutuhan tersier sekarang kita akan membahas sebagian contoh dari kebutuhan tersier karena kebutuhan itu ada banyak sekali. nah berikut ini contoh dari kebutuhan tersier simak uraian dibawah ini.

  • Mobil.
  • Perhiasan barang ini akan menambah kesan indahan bagi pemakainya, namun jika tidak terpenuhi juga tidak berdampak buruk sama sekali bagi manusia.
  • Komputer, barang ini bisa bersifat sebagai barang untuk hiburan maupun barang untuk membantu aktifitas lain seperti pekerjaan kantor, tugas sekolah dan lain-lain.
  • Mainan, barang ini termasuk sebagai barang yang digunakan sebagai hiburan belaka.
  • Rumah mewah, rumah merupakan salah satu kebutuhan primer, namun bagi sebagian orang yang tingkat ekonominya tinggi memiliki rumah sederhana saja tidak cukup sehingga mereka membeli rumah yang mewah.
  • Alat-alat elektronik, barang-barang ini seperti alat pemutar musik, handphone dan lain-lain.
  • Makanan mewah dan sebagainya.

Diatas merupakan sebagian contoh dari kebutuhan tersier, contoh diatas belumlah keseluruhan dari barang-barang yang tergolong kebutuhan tersier. Kebutuhan tersier sendiri bisa menjadi sebuah kebutuhan primer bagi orang-orang tertentu contohnya sebagai seseorang yang bekerja sebagai penyedia jasa angkutan seseorang itu perlu dan harus memiliki mobil untuk melakukan pekerjaannya.

Namun di kehidupan sehari-hari pada umumnya orang-orang yang memiliki tingkat ekonomi yang tinggi, setelah kebutuhan primer dan sekunder telah terpenuhi mereka akan mencoba untuk membeli barang-barang lain yang bersifat mewah karena kebutuhan lainnya telah tercukupi atau lengkap.

Demikianlah pembahasan mengenai “Kebutuhan Tersier” Pengertian & ( Faktor – Contoh ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga: