Inilah Macam-Macam Profesi Akuntan Yang Perlu Diketahui

samhis setiawan

GuruPendidikan.Com – Didalam perkembangan akuntansi telah dibedakan menjadi beberapa macam bidang sehingga sangat membutuhkan akuntan yang sangat tepat dan sesuai dengan bidang tersebut, berikut ini beberapa macam profesi bidang akuntansi yaitu :

akuntan

Akuntan Publik ( Publik Accountant )

Akuntan publik ialah akuntan independen yang dapat memberikan jasa-jasanya atas sebuah dasar dalam pembayaran yang tertentu. Mereka bekerja bebas dan secara umumnya mendirikan sebuah kantor akuntan. Jasa-jasa yang mereka ( seorang akuntan publik ) diberikan pada masyarakat yang diantaranya ialah sebagi berikut ini :

  • Jasa perpajakan
  • Jasa penyusuanan sistem akuntansi
  • Jasa pemeriksaan kewajaran laporan keuangan
  • Jasa konsultasi manajemen perusahaan
  • Dan jasa penyusunan laporan keuangan dalam rangka pengajuan kredit.

Akuntan Internal ( Internal Accounting )

Akuntan internal ialah akuntan yang bekerja dalam sebuah perusahaan atau sebuah organisasi yang disebut juga dengan akuntan perusahaan. Dalam suatu jabatan dapat diduduki mulai dari staf hingga dengan kepala bagian akuntansi atau direktur keuangan.

Akuntan Pemerintah

Akuntan pemerintah adalah akuntan yang bekerja dalam sebuah lembaga-lembaga dipemerintahan yang diantara seperti dikantor badan pengawasan keuangan dan pembangunan (BPKP) dan badan pemeriksaan keuangan (BPK).

Akuntan Pendidik

Dari beberapa macam profesi akuntansi yang terakhir ini ialah akuntan pendidik yang bertugas dalam bidang pendidikan akuntansi, melakukan penelitian dan pengembangan akuntasi, mengajar dan menyusun kurikulum pendidikan akuntansi di sebuah perguruan tinggi.

Demikianlah pembahasan mengenai Inilah Macam-Macam Profesi Akuntan Yang Perlu Diketahui ini semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi anda, sekian dan terima kasih. 🙂

Most popular articles related to Inilah Macam-Macam Profesi Akuntan Yang Perlu Diketahui
Shares