Inilah Definisi Organisasi Internasional Menurut Para Ahli Beserta Contohnya

Posted on

GuruPendidikan.Com – Dalam pembahasan kali ini akan mengulas megenai berbagai macam definisi organisasi internasional yang telah dikemukakan oleh menurut para ahli baik itu dari sumber media maupun dari perorangan. Dalam pembahasan ini juga terdapat informasi yang mengenai contoh-contoh organisasi internasional yang ada di seluruh dunia ini, kalau begitu langsung aja diperhatikan atau disimak informasi ini.

organisasi

Definisi organisasi Internasional

Sebuah organisasi yang telah dibentuk atau dibuat oleh sebuah anggota masyarakat dunia dengan secara sukarela yang telah didasari atas dasar kesamaan tujuan demi wujudnya perdamaian didunia dalam hubungan internasional. Dengan demikian kita bisa mengambil sedikit kesimpulan bahwa pada dasarnya suatu organisasi telah dibentuk atas dasar satu tujuan yang sama, hal ini termasuk terbentuknya organisasi internasional yang diantaranya PBB, ASEAN dan lain sebagainya.

Menurut seorang N.A. Maryan Green Definisi organisasi internasional ialah suatu organiasi yang telah dibentuk berdasarkan suatu perjanjian dari tiga atau lebih negara yang telah menjadi anggota. Menurut Maryam Green menyimpulkan bahwa organisasi sosial lebih cenderung kepada kerja sama multilateral atau banyak negara ketimbang kerjasama yang bilateral atau dua negara saja. Dari Maryan Green kita bisa memberikan permisalannya seperti halnya organisasi internasional ASEAN yang didirikan dengan tujuan tertentu dan atas dasar Deklarasi Bangkok yang telah disetujui oleh lima negara pendirinya.

Menurut seorang Teuku Mas Rudy Definisi organisasi internasional ialah sebuah pola kerjasama antara banyak negara yang didasari atas struktur organisasi yang jelas dan lengkap serta dapat diharapkan atau diproyeksikan bisa menjalankan tugas-tugasnya atau fungsi-fungsinya dengan secara berkesinambungan demi terwujudnya tujuan yang telah disepakati bersama-sama baik itu antara pemerintah dengan pemerintah ataupun juga sesama organisasi non-pemerintah pada dasar negara yang berbeda.

Contoh Organisasi Internasional

Yang perlu diketahui bahwa didunia ini banyak sekali contoh organisasi internasional yang perlu untuk diketahui. Organisasi-organisasi internasional tersebut ada yang diikuti oleh Negara Republik Indonesia dan ada juga yang tidak diikuti. Nah berikut inilah beberapa contoh organisasi internasional dibawah ini yang perlu disimak.

  1. PBB ( Perserikatan Bangsa-Bangsa )
  2. Apec ( Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik )
  3. OPEC ( Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak Bumi )
  4. ASEAN ( Perhimpunan Negara-Negara Asia Tenggara )
  5. OKI ( Organisasi Kerjasama Islam )
  6. G20 ( Kerjasama Ekonomi 20 Negara Terbesar Dunia Dalam PDB )
  7. WHO ( Organisasi Kesehatan Dunia )
  8. NATO ( Organisasi Perjanjian Atlantik Utara )
  9. UNICEF ( United Nations International Childrens Emergency Fund )
  10. UNESCO ( The United Nations Educational, Scientific And Cultural Organization )

Demikianlah pembahasan yang singkat ini mengenai Inilah Definisi Organisasi Internasional Menurut Para Ahli Beserta Contohnya ini semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat memberikan manfaat bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂

loading...