Inilah Beberapa Nama Provinsi Baru Hasil Pemekaran Yang Ada Di Indonesia

samhis setiawan

GuruPendidikan.Com – Pada saat ini di Negara Republik Indonesia telah memiliki sebanyak 34 Provinsi yang telah tersebar diseluruh wilayah Republik Indonesia yang dari sabang hingga marauke dari miangas sampai pulau rote. Dari 34 provinsi tersebut ada beberapa yang diantaranya ialah Provinsi Baru hasil dari pemekaran yang setelah masuk era reformasi yakni pada tahun 1999. Nah berikut ini ulasan mengenai beberapa nama provinsi baru yang ada di Republik Indonesia yang hasil dari pemekaran diera reformasi ini, simak dibawah ini.

provinsi

Sebelum kita membahas lebih jauh, lebih baik kita mengetahui terlebih dahulu sebenarnya apa sih pengertian dari Provinsi itu ????

Pengertian Provinsi

Secara garis besar pengertian provinsi ialah sebuah wilayah tertentu yang berada dibawah wilayah negara. Untuk sebuah provinsi dikepalai oleh seorang gubernur dan provinsi terdiri dari beberapa kabupaten/kota.

Sekitar tahun 1999 indonesia hanya mempunyai 26 provinsi setelah timor timur lepas dari Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI ). Namun setelah indonesia telah banyak mengalami perubahan khususnya untuk jumlah provinsi, pada saat ini sudah tercatat bahwa indonesia telah memiliki 8 provinsi yang baru.

Dan inilah beberapa nama provinsi baru hasil pemekaran yang ada diindonesia beserta nama ibukotanya dan pada tahun terbentunya provinsi tersebut.

Provinsi Baru Di Indonesia

  • Provinsi Maluku Utara, dengan ibukota di Kota Sofifi ini terbentuk pada tanggal 4 Oktober 1999. Provinsi yang merupakan hasil pemekaran dari Provinsi Maluku ini merupakan provinsi yang ke-27 di Indonesia.
  • Provinsi Banten, dengan ibukota di Kota Serang ini terbentuk pada tanggal 17 Oktober 2000. Provinsi ini merupakan hasil pemekaran dari Provinsi Jawa Barat ini merupakan provinsi yang ke-28 di Indonesia
  • Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dengan ibukota di Kota Pangkal Pinang ini terbentuk pada tanggal 4 Desember 2000. Provinsi ini hasil pemekaran dari Provinsi Sumatera Selatan dan menjadi provinsi ke-29 di Indonesia.
  • Provinsi Gorontalo, dengan ibukota di Kota Gorontalo ini terbentuk pada tanggal 22 Desember 2000. Provinsi ini merupakan hasil pemekaran dari Provinsi Sulawesi Utara dan menjadi provinsi yang ke-30 di Indonesia
  • Provinsi Papua Barat, dengan ibukota di Kota Manokwari ini terbentuk pada tanggal 21 November 2001. Provinsi ini merupakan hasil pemekaran dari provinsi Papua dan menjadi provinsi yang ke-31 di Indonesia.
  • Provinsi Kepulauan Riau, dengan ibukota Tanjung Pinang ini terbetuk pada tanggal 25 Oktober 2002. Provinsi ini merupakan hasil pemekaran dari Provinsi Riau ini menjadi provinsi yang ke-32 di Indonesia.
  • Provinsi Sulawesi Barat, dengan ibukotanya di Kota Mamuju ini terbentuk pada tanggal 5 Oktober 2004. Provinsi yang terbentuk dari pemekaran Provinsi Sulawesi Selatan ini merupakan provinsi yang ke-33 di Indonesia.
  • Provinsi Kalimantan Utara, dengan ibukota Tanjung Selor ini terbentuk pada tanggal 25 Oktober 2012. Provinsi ini merupakan hasil pemekaran dari Provinsi KalTim dan menjadi provinsi yang ke-34 di Indonesia.

Untuk saat ini Indonesia beru mampunyai 8 provinsi baru setelah tahun 1999, beberapa nama provinsi baru tersebut yang diantaranya ialah :

  • Provinsi Maluku Utara
  • Banten
  • Kepulauan Bangka Belitung
  • Gorontalo
  • Papua Barat
  • Kepulauan Riau
  • Sulawesi Barat
  • Dan Kalimantan Utara

Tentunya bisa ada kemungkinan jumlah provinsi di Indonesia semakin bertambah, hal ini dikarenakan banyak faktor yang mempengaruhinya. Nah itulah beberapa nama provinsi baru yang merupakan hasil pemekaran sejak tahun 1999.

Demikianlah pembahasan mengenai Inilah Beberapa Nama Provinsi Baru Hasil Pemekaran Yang Ada Di Indonesia semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa menambah wawasan dan pengetahuan untuk anda semua, terima kasih banyak telah mengunjungi. 🙂

Most popular articles related to Inilah Beberapa Nama Provinsi Baru Hasil Pemekaran Yang Ada Di Indonesia
Shares