“Hiponim” Pengertian Menurut Para Ahli & ( Contoh )

Posted on

“Hiponim” Pengertian Menurut Para Ahli & ( Contoh )

GuruPendidikan.Com – Dalam hal ini Istilah hiponim yang dalam bahasa Inggris hyponymy berasal dari kata Yunani kuno, onoma yang berarti “nama” dan hypo yang berarti ” dibawah”. Secara harfiah, hiponim bermakna nama yang termasuk dibawah nama yang lain “Pateda, 1986: 96”.

"Hiponim" Pengertian Menurut Para Ahli & ( Contoh )

Dalam semantik, hiponim merupakan suatu kata atau frasa yang maknanya tercakup dalam kata atau frasa lain yang lebih umu, yang disebut hiperonim atau hipernim. Suatu hiponim ialah anggota kelompok dari hiperonimnya dan beberapa hiponim yang memiliki hiperonim yang sama disebut dengan kohiponim.

Pengertian Hiponim Menurut Para Ahli

Adapun beberapa para ahli mendefinisikan hiponim yang diantaranya:

Menurut Djajasudarma “1993:48”

Mendefinisikan hiponimi ialah hubungan makna yang mengandung pengertian hierarki. Hubungan hiponimi ini dekat dengan sinonim, Bila sebuah kata memiliki semua komponen makna kata lainnya, tetapi tidak sebaliknya; maka hubungan itu disebut hiponim.

Menurut Edi Subroto “1995:25”

Hiponim menunjukkan relasi antara kata yang bersifat atas-bawah atau relasi antara penggolongan dengan anggota-anggota yang menjadi golongannya atau bawahannya.

Menurut Sumarlam “2003:45”

Membuat sebuah simpulan bahwa hiponim dapat diartikan sebagai satuan bahasa “kata, frasa, kalimat” yang maknanya dianggap merupakan bagian dari makna satuan lingual yang lain.

Menurut Chaer “1994:305”

Mendefinisikan homonim ialah hubungan semantik antara sebuah bentuk ujaran yang maknanya tercakup dalam makna bentuk ujaran yang lain.

Hubungan makna hiponim-hiperonim dibedakan dengan hubungan makna meronim-holonim yang merupakan hubungan antara bagian dengan kesatuan.

Hiponim mengandung hubungan logis pada entailment “Palmer, 1983:78” artinya kalau kita sudah mengatakan hiponimnya maka kita dapat membayangkan nama kelompoknya dan kalau kita sudah menyebut nama kelompoknya, maka kita dapat menyebutkan hiponimnya.

Misalnya kalau kita menyebut merpati maka kita telah mengetahui bahwa merpati termasuk burung dan kalau kita menyebut burung, maka sudah termasuk di dalamnya, merpati, tekukur dan sebagainya.

Contoh Hiponim

Adapun beberapa contoh diantaranya yaitu:

  • Hipernim = Buah
    hiponim = anggur, apel, jeruk, manggis dan lain-lain.
  • Hipernim = Ikan
    hiponim = lele, hiu, paus, nila dan lain-lain.
  • Hipernim = Bunga
    hiponim = melati, mawar, tulip dan lain-lain.

Demikianlah pembahasan mengenai “Hiponim” Pengertian Menurut Para Ahli & ( Contoh ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga: