Fungsi Tulang Dada Dan Rusuk Serta Penjelasannya

samhis setiawan

GuruPendidikan.Com – Tulang merupakan jaringan ikat yang terdiri dari sel, serat dan matriks ekstraseluler. Matriks tulang ialah bagian terkeras yang terletak di lapisan luar tulang, yang diakibatkan oleh pengendapan mineral dalam matriks, yang sehingga tulang pun mengalami klasifikasi.

Fungsi Tulang Dada Dan Rusuk

Di dalam tubuh manusia juga terdapat yang namanya tulang rawan (cartilago), yaitu jaringan ikat yang memiliki kemampuan meregang, membentuk penyokong yang kuat bagi jaringan lunak, memberikan kelenturan dan sangat tahan terhadap tekanan.

Baca Juga:

Fungsi Tulang Dada Dan Rusuk

Tulang dada dan rusuk berfungsi untuk melindungi paru-paru dan jantung. Tulang dada berbentuk pipih dan melebar serta berhubungan dengan tulang rusuk yang melalui sambungan tulang rawan.

Tulang rusuk bagian belakang berhubungan dengan ruas-ruas tulang belakang yang melalui persendian. Perhubungan tersebut memungkinkan tulang rusuk dapat kembang-kempis sesuai dengan irama pernapasan.

Tulang Dada

Pada tulang dada berjumlah 1 buah, terdiri atas tiga bagian yaitu:

  • Manubrium sterni (kepala tulang dada), membentuk persendian dengan tulang selangka, klavikula dan tulang rusuk pertama.
  • Korpus sterni (badan tulang dada), membentuk persendian dengan sembilan tulang rusuk berikutnya.
  • Prosesus xifoid (tulang taju pedang), tulang yang masih berbentuk tulang rawan pada bayi.

Tulang Rusuk

Pada tulang rusuk berjumlah 12 pasang di sebelah kiri dan kanan, Tulang rusuk dibedakan menjadi tiga macam yaitu:

  • Tulang rusuk sejati, bagian ujuang depan yang melekat pada tulang dada, sedangkan bagian belakang melekat pada ruas tulang belakang di bagian punggung.
  • Tulang rusuk palsu, bagian ujung depan melekat pada tulang rusuk diatasnya, sedangkan bagian belakang melekat pada ruas tulang belakang di bagian punggung.
  • Tulang rusuk melayang, bagian ujung depan tidak melekat pada tulang manapun, sedangkan bagian belakang melekat pada ruas tulang belakang di bagian punggung.

Tulang Dada Dan Rusuk

Nama Tulang Dada Dan Rusuk

Nama LainJumlah
SternumTulang dada1
Kosta veraRusuk sejati7 pasang (14)
Kosta spuriaRusuk palsu3 pasang (6)
Kosta fluitantesRusuk melayang2 pasang (4)
Jumlah

25

Demikianlah pembahasan mengenai Fungsi Tulang Dada Dan Rusuk Serta Penjelasannya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Most popular articles related to Fungsi Tulang Dada Dan Rusuk Serta Penjelasannya
Shares