Fungsi Telinga Manusia Beserta Bagian Dan Cara Kerjanya

Aris Kurniawan

Fungsi Telinga Manusia Beserta Bagian Dan Cara Kerjanya Telinga adalah sebuah organ yang dapat mengenal atau mendeteksi suara dan juga benyak berperan dalam keseimbangan dam posisi tubuh.

Bagian Telinga Manusia

  • Telinga luar

Bagian luar merupakan bagian yang terluar dari telinga manusia. Telinga luar terdiri dari daun telinga, lubang telinga, dan juga telinga luar. Telinga bagian luar meliputi pinna (daun telinga), Liang telingan atau meatus auditorius eksternus, dan juga gendang telinga atau membran timpani.

Bagian daun telinga memiliki fungsi untuk membantu megarahkan suara ke dalam liang telinga dan telinga menuju ke kendang telinga. Rancangan yang sanagat kompleks pada telinga luar berfungsi sebagai penangkap suara dan bagian terpenting ialah liang telinga. Saluran ini merupakan hasil susunan tulang dan rawan yang dilapisi kulit tipis telinga.

  • Telinga tengah

Telinga tengah merupakan rongga undara dibelakang gendang telinga, yang meliputi, 3 tulang pendengaran (meratil atau malleus, landasan atau incus, serta stapes atau sanguardi). Ujung sari saluar Eustachius juga berada di telinga tengah.

Getaran suara yang diterima oleh gendang telinga akan disampaikan ke tulang pendengaran. Dari masing -masing tulang pendengaran akan menyampaikan getaran ke tulang berikutnya. Tulang sanggurdi yang merupakan tulang terkecil di tubuh meneruskan getaran ke rumah selaput atau koklea.

  • Telinga dalam

Telinga bagian dalam berada di dalam bagian petrosa tulang temporal yang tersusun atas dua bagian  ( tulang labyrinth yang menonjol dan membaran labyringth.

Tulang labyrinth selanjutnya terbagi atas tiga bagian yaitu vestibula, koklea dan kanal semisirkular.

Vestibula berdampingan bersama dengan telinga bagian tengah melewati dua lubang yaitu fenestra vestibuli yang di tempati oleh dasar stapes serta fenestra koklea yang terisi oleh jaringan fibrosa. Pada bagian belakang terdapat muara yang menuju  ke arah kanal semisirkular dan pada bagian depan terdapat muara yang mengarah ke koklea.

Bagian pada telinga manusia

Bagian pada telinga manusia

Koklea merupakan bagian telinga yang penting bagi fungi dari pendengaran. Koklea merupakan suatu saluran yang berbentuk spiral yang membentuk dua pertiga putaran mengitari pusat tulang yang disebut modiolus.

Dengan bedasarkan panjangnya, saluran koklea terbagi atad tiga terowongan oleh dua membran yaitu membran basilar dan membran vestibular, yang menjadi meregang dari modiolus.

Pendengaran

Telinga bagian dalam terdiri dari labirin osea (labirin tulang), suatu rangkaian rongga pada tulang pelipis yang dilapisi periosteum yang berisi cairan perilimfe dan  labirin membranasea, yang terletak lebih ke dalam serta memiliki cairan endolimfe.

Organ Keseimbangan

Selain bagian pendengaran, bagian telinga dalam ada Indra Pengukur Keseimbangan atau organ Vestibular. Pada bagian ini secara struktural terletak di belakang labirin yang membentuk struktur utruktur dan sakulus serta tiga saluran setengah lingkaran atau semisirkular atau saluran Gelung.

Kesemua bagian ini berfungsi mengukur keseimbangan tubuh dan memiliki rambut yang akan berhubungan dengan bagian keseimbangan dari saraf pendengaran manusia.

Demikian Penjelasan Tentang Fungsi Telinga Manusia Beserta Bagian Dan Cara Kerjanya Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pemabaca GuruPendidikan.Com 😀

Most popular articles related to Fungsi Telinga Manusia Beserta Bagian Dan Cara Kerjanya
Shares