Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa
Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa

Fungsi Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia

Posted on

Pancasila

Fungsi Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia– Pancasila adalah dasar dari ideologi negara Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata dalam bahasa Sansekerta: Pancha berarti lima dan sila berarti prinsip atau asas. Pancasila adalah rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Lima bersama konstituen utama Pancasila adalah Tuhan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, demokrasi, yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam musyawarah / perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dan terdaftar pada ayat Preambule 4 (Pembukaan) tindakan OF 1945.

Meskipun perubahan dalam isi dan urutan lima prinsip Pancasila yang berlangsung dalam beberapa tahap selama perumusan Pancasila pada tahun 1945, 1 Juni diperingati sebagai hari lahir Pancasila.

Pancasila Sebagai Pandangan Hidup

Dalam pengertian ini, Pancasila juga disebut cara hidup, pandangan dunia, pandangan hidup, soal bimbingan hidup dan kehidupan. Dalam hal ini Pancasila digunakan untuk memandu arah semua kegiatan atau aktivitas hidup dan kehidupan di segala bidang.

Ini berarti bahwa semua perilaku dan tindakan untuk membuat setiap manusia harus dijiwai Indonesia dan mencatat semua ajaran Pancasila. Hal ini karena Pancasila merupakan integral, tidak bisa dipisahkan satu sama lain, prinsip keseluruhan Pancasila merupakan kesatuan organik.

Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa
Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa

Pancasila sebagai cara hidup bangsa adalah kristalisasi dari nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat di Indonesia. Karena prospek bangsa, Pancasila selalu dijunjung tinggi oleh setiap warga negara, karena falsafah Pancasila hidup berakar pada budaya dan cara hidup masyarakat Indonesia. Pandangan hidup yang ada di masyarakat Indonesia berubah menjadi bangsa yang dirintis pandangan hidup sejak zaman Sriwijaya sampai 1928 Sumpah Pemuda.

Kemudian mengangkat dan dirumuskan oleh para pendiri negara ini serta disepakati dan ditetapkan sebagai Republik Indonesia. Dalam arti karena itu, negara Pancasila selain sebagai cara hidup, serta ideologi negara. Dikutip dari: http://komunitasgurupkn.blogspot.co.id/

Pancasila sebagai cita-cita moral bangsa

Pandangan hidup bangsa Indonesia berakar pada akar budaya bangsa dan nilai-nilai agama sebagai keyakinan Indonesia, pandangan hidup yang diyakini bangsa Indonesia dan mampu memahami dan memecahkan masalah dengan tepat. Prospek kehidupan bangsa memiliki makna untuk memimpin, karena yang dipegang teguh pandangan hidup dan orang-orang telah menjadi landasan dasar pegangan dalam memecahkan masalah.

Dengan pandangan yang jelas dari kehidupan, masyarakat Indonesia akan memiliki pegangan dan pedoman tentang bagaimana mengenali dan memecahkan masalah isu pergerakan orang lebih berkembang politik, sosial, budaya, ekonomi, hukum dan lain-lain. (Kaelan 2000:. 197).

ISi Pandangan Hidup

  1. Konsep dasar, dalam pandangan hidup yang tertuang konsep dasar adalah pikiran – pikiran yang berisi gagasan tentang bentuk kehidupan yang dianggap harapan baik calon bangsa.
  2. Pikiran dan gagasan, dalam pandangan hidup juga berisi pemikiran terdalam dan ide-ide tentang bentuk negara ini dianggap baik. Dikutip dari: http://www.pusakaindonesia.org/
  3. Kristalisasi dan nilai, pandangan hidup adalah kristalisasi dari nilai yang dimiliki oleh bangsa itu sendiri, yang diyakini benar dan menghasilkan tekad untuk mewujudkannya.

Demikian Penjelasan TentangĀ Fungsi Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com šŸ˜€