Persaingan Monopolistis dalam Ilmu Ekonomi

parta setiawan

Persaingan Monopolistis dalam Ilmu Ekonomi Persaingan Monopolistis pada dasarnya merupakan pasar yang berada di antara 2 jenis pasar yang ekstream , yaitu persaingan sempurma dan monopoli, oleh karna itu sifatnya mengandung unsur-unsur sifar pasar monopoli , dan pasar sempurna.

persaingan pasar monopolistis

persaingan pasar monopolistis

Persaingan Monopolistis dapat di definisikan sebagai suatu pasar dimana terdapat banyak produsen yang memproduksi barang yang berbeda beda.

Ciri-ciri dalam persaingan monopolistis adalah sebagai berikut :

  1. Terdapat Banyak Penjual.Perusahaan dalam pasar monopolistis mempunyai ukuran yang relatif sama besar , keadaan ini menyebabkan produksi suatu perusahaan relatif sedikit jika dibandingkan dengandengan keseluruhan produksi dalam pasar.
    Apabila di dalam pasar sudah terdapat beberapa puluhan perusahaan ,maka pasar persaingan monopolistis sudah mungkin terjadi.
  2. Produksi Barang bersifat berbeda beda.Ciri ini merupakan sifat yang penting dalam membedakan antara pasar persaingan monopolis dan pasar persaingan sempurna, dalam persaingan sempurna produksi berbagai perusahaan serupa , berbeda dengan pasar persaingan monopolis yang produksi barangnya bersifat berbeda beda dan secar fisik mudah dibedakan dianrara produksi sesuatu perusahaan dengan produksi perusahaan lainnya.
  3. Perusahaan Mempunyai Sedikit Kekuasaan mempengaruhi harga.www.guruPendidikan.com/ Pasar persaingan monopolistis dapat mempengaruhi harga walau relatif kecil dibandingkan dengan pasar persaingan sempurna yang tidak mempunyai kekuasaan untuk mempengaruhi harga.kekuasaan yang mempengaruhi harga adalah karna adanya produksi barang yang berbeda beda , maka  para pembeli cenderung memilih milih barang dari perusahaan tersebut.
  4. Kemasukan dalam industri relatif mudah.beberapa faktor yang menyebabkan kemasukan dalam industri cenderung mudah adalah :1. karna modal yang diperlukan relatif besar kalau dibandingankan dengan membangun perusahaan pasar persaingan sempurna.

    2.karena perusahaan itu harus menghasilkan barang yang lebih menarik dari yang sudah ada di pasar , serta mempromosikan barang tersebut untuk mendapatkan langganan.

  5. Persaingan memporomosi penjualan barang sangat aktif.Harga bukanlah penentu utama dari besarnya pasar dari perusahaan-perusahaan dalam pasar persaingan monopolistis, perusahaan mungkin menjual barang yang relatif harga mahal , namun tidak dapat menarik banyak pelanggan , sebaliknya suatu perusahaan lain menjual barang yang relatif murah , tetapi tetap tidak dapat menarik banyak pelanggan, keadaan tersebut disebabkan oleh sifat barang yang mereka hasilkan , yaitu barang yang bersifat berbeda beda.Oleh karna itu untuk mempengaruhi citarasa pembeli , para pengusaha melakukan persaingan bukan harga persaing tersebut adalah mempebaiki dalam mutu serta desain barang.

Terdapat 2 keseimbangan dalam pasar persaingan monopolistis yaitu :

  1. Keseimbangan jangka pendek.Karena kurva permintaan yaitu menurun sedikit demi sedikit dan sebagai akibatnya kurva MR tidak berimpit dengan kurva permintaan, keseimbangan yang dicapai suatu perusahaan dalam pasar persaingan monopolistis adalah sama dengan di dalam monopoli. perbedaannya adalah didalam monopoli yang dihadapi adalah permintaan dari seluruh pasar , sedangkan monopolistis adalah permintaan yang dihadapi adalah sebagai dari seluruh permintaan pasar.
  2. Keseimbangan jangka panjang.

Demikian Penjelasan tentang Persaingan Monopolistis dalam Ilmu Ekonomi Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca Gurupendidikan.com 🙂

Most popular articles related to Persaingan Monopolistis dalam Ilmu Ekonomi
Shares