Seni rupa murni dan terapan
Seni rupa murni dan terapan

Definisi Seni Rupa Murni Dan Terapan Beserta Perbedaannya

Posted on

Definisi Seni Rupa

Seni rupa merupakan cabang seni yang membentuk suatu karya seni dengan memakai media yang dapat ditangkap oleh mata dan juga dirasa dengan sentuhan/diraba. Kesan ini dibuat dengan mengolah suatu konsep, garis, titik, bentuk, volume, bidang, tekstur, warna, serta pencahayaan dengan acuan estetika.

Seni Rupa Murni

Seni rupa murni proses penciptaannya lebih condong pada ekspresi jiwa semata. Sebagai contoh:

  1. Seni lukis
  2. Seni grafis
  3. Seni patung
  4. Seni instalasi
  5. Seni pertunjukan
  6. Seni keramik
  7. Seni film
  8. Seni koreografi
  9. Seni fotografi

Secara kasar arti dari seni rupa dalam bahasa inggris “fine art”. Tetapi dengan perkembangan dunia seni modern, istilah tersebut menjadi lebih spesifik lagi dengan pengertian seni rupa murni untuk selanjutnya menggabungkannya dengan desain dan kriya ke dalam basahan visual arts.

Seni Rupa Terapan

Seni rupa terapan merupakan suatu karya seni rupa yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari yang mengandung nilai fungsi tertentu disamping nilai seni yang dimiliki. Fungsi dari karya seni rupa dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

Fungsi estetis merupakan sebuah fungsi yang semata-mata di dibuat untuk benda hias misalnya, karya batik ataupun tenun yang dibuat secata khusus untuk hiasan kerjinan, dinding, vas bunga, serta topeng.

Fungsi praktis merupakan sebuah karya seni yang dibuat sebagai pokok pembuatan benda pakai misalnya, perabotan rumah tangga, kursi, meja, serta tekstil. Seperti:

Seni rupa murni dan terapan
Seni rupa murni dan terapan
  • Rumah Adat

Rumah adat di Indonesia memiliki bentuk yang beraneka ragam. Jika melihat dari arsitektur bangunan rumah adat di Indoensia dengan secara keseluruhanmaka kita dapat membedakan bangunan adat ini berdasarkan atapnya, ragam hiasnya, bahan baku dan bentuknya.

  • Arsitektur Bangunan

Arsitektur Bangunan di Indonesia sangat beragam. Seni rupa terapan juga terlihat dari berbagai arsitektur bangunan di Indonesia. Candi adalah salah satu contoh arsitektur banunan di Indonesia yang menerapkan seni rupa terapan.

  • Senjata Tradisional

Berbeda dengan fungsi senjata masa lalu, pemakaian senajta terdisional sekarang lebih sering ditunjukan untuk peralatan bekerja. Ada juga yang memakainya sebagai perlengkapan ritual, pertunjukan tradisional, perlengkapan adat, serta untuk benda hias.

  • Transportasi Tradisional

Alat transportasi yang masih mempertahankan ciri khas dan bentuk tradisionalnya masih dapay kita temukan di berbagai wilayah Nusantara. Misalnya, kereta kuda, becak, perahu dan pedati.

  • Seni Kriya

Seni Kriya sangat luas, namun secara garis besar bisa dibagi dalam 4 kelompok, antara lain :

  1. Kriya Pahat
  2. Kriya Tekstil
  3. Kriya Anyaman
  4. Kriya Keramik

Perbedaan Seni Rupa Murni dan Terapan

Seni rupa dilihat dari fungsinya dibedakan antara seni rupa murni dan terapan, proses penciptaan seni rupa murni lebih condong pada ekspresi jiwa semata, misal lukisan, sedangkan dengan seni rupa terapan proses pembautannya mempunyai tujuan dan fungsi tertentu misalnya seni kriya.

Namun, jika kita lihat dari segi wujud dan bentuknya, seni rupa terbagi menjadi 2 yaitu seni rupa 2 dimensi yang hanya mempunyai panjang dan lebar saja dan serni rupa 3 dimensi yang lebih memiliki panjang lebar dan ruang.

Demikian Penjelasan Diatas TentangĀ Definisi Seni Rupa Murni Dan Terapan Beserta Perbedaannya Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com šŸ˜€