Definisi, Pengertian Kesejahteraan Sosial Menurut Para Ahli

Aris Kurniawan

Definisi, Pengertian Kesejahteraan Sosial Menurut Para Ahli– Kesejahteraan sosial harus dibedakan dari sejahtera. Di Amerika Serikat, sejahtera kadang-kadang dianggap identik dengan pemberian bantuan keuangan dalam bentuk jaminan sosial. Kesejahteraan sosial dapat dihubungkan dengan pekerjaan sosial.

Pengertian Kesejahteraan sosial

Kesejahteraan sosial dapat berarti:

  1. Kesejahteraan masyarakat.
  2. Di bidang ekonomi, pemberdayaan orang yang dianggap satu kesatuan. (Lihat kemakmuran ekonomi dan fungsi kesejahteraan sosial.)
  3. Penyediaan layanan sosial di berbagai bidang, untuk kepentingan masyarakat individu. Penggunaan ini memiliki ide yang sama dengan negara kesejahteraan.
  4. Dalam Kesejahteraan Sosial Indonesia juga digunakan sebagai nama disiplin akademik, sisi terapan sosiologi.
  5. Kesejahteraan sosial adalah suatu kondisi di mana seseorang merasa nyaman, damai, bahagia, dan mampu memenuhi kebutuhan mereka.

Pengertian Kesejahteraan Sosial Menurut Para Ahli

  • Gertrude Wilson

“Kesejahteraan sosial adalah kekhawatiran yang diselenggarakan dari semua orang untuk semua orang”.

  • Walter Friedlander

“Kesejahteraan sosial adalah sistem yang terorganisir dari institusi dan pelayanan sosial yang dirancang untuk membantu individu atau kelompok untuk mencapai standar hidup dan kesehatan yang lebih baik”.

  • Elizabeth Wickenden

“Kesejahteraan sosial, termasuk undang-undang, program, manfaat dan jasa yang menjamin atau memperkuat layanan untuk memenuhi kebutuhan sosial dasar rakyat dan menjaga ketertiban dalam masyarakat”.

  • Pre-conference working committee for the XVth International Conference of Social Welfare

“Kesejahteraan sosial adalah usaha sosial secara keseluruhan yang terorganisir dan memiliki tujuan utama untuk meningkatkan kehidupan orang berdasarkan konteks sosial. Ini termasuk kebijakan dan layanan yang berkaitan dengan berbagai kehidupan di masyarakat seperti pendapatan, jaminan sosial, kesehatan , perumahan, pendidikan, rekreasi, tradisi budaya, dll “.

Kesejahteraan sosial

Kesejahteraan sosial

Pendekatan Kesejahteraan Sosial

Menurut Midgley, terdapat empat pendekatan dalam mengupayakan kesejahteraan sosial :

Filantropi sosial

Filantropi berkaitan erat dengan upaya kesejahteraan sosial yang dilakukan oleh pendeta dan relawan, upaya amal (charity) di mana orang-orang ini menyumbangkan waktu, uang, dan energi untuk membantu orang lain. Pelaku dikenal sebagai filantropi filantropis.

Filantropi sosial yang bertujuan untuk mempromosikan kesejahteraan sosial dengan mendorong penyediaan barang pribadi dan jasa kepada orang yang membutuhkan. Ada beberapa karakteristik dari pendekatan filantropi sosial, di antaranya:

  1. Amal, di mana pendekatan ini tidak memiliki kesinambungan. Artinya, tidak ada interaksi dengan penerima manfaat ketika bantuan selesai diberikan.
  2. Penerima pasif, menggunakan pandangan bahwa orang tidak mampu memenuhi kebutuhan mereka, sehingga pelaksanaannya tidak melibatkan partisipasi penerima.
  3. Acak, tidak memiliki metode atau fase tertentu dalam pelaksanaannya.
  4. Kemauan, ketergantungan bisnis pada niat baik dari donor dan kemauan pemerintah untuk menggunakan uang pembayar pajak untuk mendukung badan amal.

Pekerja Sosial

Berbeda dengan pendekatan untuk filantropi, pekerjaan sosial adalah pendekatan yang terorganisasi untuk mempromosikan kesejahteraan sosial dengan menggunakan profesional yang memenuhi syarat untuk menangani masalah-masalah sosial. Namun, perkembangan pekerjaan sosial tidak dapat dipisahkan dari perkembangan filantropi. Sejak abad ke-19, telah mengalami pengembangan profesional dan pekerjaan sosial akademik cukup pesat dan telah menyebar di seluruh dunia.

Administrasi Sosial

Pendekatan administrasi sosial berusaha untuk mempromosikan kesejahteraan sosial dengan menciptakan program-program sosial pemerintah yang meningkatkan kesejahteraan warganya melalui penyediaan layanan sosial. Pendekatan ini diadakan langsung oleh pemerintah. Salah satu contoh yang paling terkenal adalah hukum kemiskinan dikeluarkan oleh Ratu Elizabeth I.

Pembangunan Sosial

Pembangunan sosial adalah proses terencana perubahan sosial yang dirancang untuk meningkatkan kehidupan masyarakat secara keseluruhan, di mana pembangunan dilakukan untuk melengkapi proses dinamis pembangunan ekonomi.

Ilmu kesejahteraan sosial

Ilmu kesejahteraan sosial adalah pengetahuan yang sistematis yang membahas upaya untuk mencapai kemakmuran dan kesejahteraan. Munculnya disiplin ini merupakan hasil dari perluasan bidang pekerjaan sosial. Dikutip dari: https://id.wikipedia.org/

Definisi Ilmu Kesejahteraan Sosial

Ilmu kesejahteraan sosial diterapkan penelitian ilmu dan mengembangkan kerangka kerja dan metodologi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup. Ilmu kesejahteraan sosial merupakan turunan dari psikologi dan sosiologi.

Demikian Penjelasan Tentang Definisi, Pengertian Kesejahteraan Sosial Menurut Para Ahli Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com 😀

Most popular articles related to Definisi, Pengertian Kesejahteraan Sosial Menurut Para Ahli
Shares