Contoh perangkat lunak
Contoh perangkat lunak

Definisi Macam-Macam Perangkat Lunak Komputer, Aplikasi, Pengolah Angka Dan Data

Posted on

Definisi Perangkat Lunak

Software (perangkat lunak) merupakan sebuah istilah yang khusus untuk data yang diformat, serta disimpan secara digital, yang bermasuk program komuter, dokumentasi, serta informasi yang dapat dibaca, serta ditulis terhadap komuter. Artinya, bagian sistem komputer yang tidak dapat terwujud. Istilah tersebut memperlihatkan perbedaan perangkat keras komuter.

Dalam pembuatan perangkat lunak memerlukan “bahasa pemrograman” yang ditulis oleh progremer agar selanjutnya dikompilasi dengan aplikasi kompiler sehingga dapat menjadi kode yang dapat dikenali oleh mesin hardware.

Macam-Macam Perangkat Lunak

  • Perangkat Lunak Aplikasi (application software)

Software application (perangkat lunak aplikasi) merupakan subkelas sebuah perangkat lunak kompiter yang berguna dalam kemampuan komputer langsung agar dapat melakukan tugas yang diinginkan oleh pengguna. Dan biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengitegrasikan berbagai kemampuan komuter, namun tidak secara langsung menerapkan kemampuan tesebut utnuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna.

  • Sistem Operasi (operating system) misalnya Linux.

operating system ; OS (sistem operasi) merupakan suatu komponen pengolah piranti lunak dasar (essential componen) yang tersistem sebagai sumber daya perangkat keras komputer atau hardware, serta ada layanan umum sebagai aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi merupakan jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak bisa menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, dengan pengevulaian perogram booting.

Sistem operasi memiliki penjadwalan yang sangat sistematis  dan mencakup perhitungan pengguna memori, pemrosesan data, penympanan dara, serta sumber daya lainnya.

Contoh perangkat lunak
Contoh perangkat lunak
  • Alat Pengembang perangkat lunak (software development tool)

Seperti Kompilator untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal serta bahasa pemrograman tingkat rendah, seperti bahasa rakitan.

  • Pengendali perangkat keras

Pemicu piranti (Device driver) merupakan sebuah istilah teknologi informasi yang mengacu pada komponen perangkat lunak yang mengizinkan sebuah sistem komputer sebagai komunikasi dengan perangkat keras. Sebagian dari perangkat keras, tidak akan bisa berjalan atau sama sekali tidak bisa berjalan tanpa driver yang cocok yang terinstal didalam sistem operasi. Pada umumnya akan memuat ke dalam rungan kernel (kernelspace) sistem operasi selama proses booting dilakukan, atau sesuai dengan permintaan (saat ada intervensi pengguna atau masukan sebuah prangkat plug-and-play).

  • Perangkat lunak menetap (firmware)

Perangkat tegar (Firmware) merupakan sebuah istilah yang mengacu kepada rutin-rutin kerangkat lunak yang disimpan didalam Memori Hanya Baca. Tidak sama dengan Akses Acak, MHB tidak akan bisa berubah walaupun tidak dialiri listrik. Rutin-rutin yang bisa menyalakan komputer (startup) dan instruksi input/output dasar (seperti BIOS atau sistem operasi embedded) disimpan didalam perangkat tegar.

Modifikasi memang bisa dilakukan, namun hal itu tergantung dari jenis ROM apa yang dipakai. Perangkat tegar yang disimpan dalam ROM tidak bisa diubah, namun perangkat tegar yang disimpan dalam ROM yang bisa diubah, seperti EEPROM atau Flash ROM, masih bisa diubah sesuka hati.

  • Perangkat lunak bebas (free ‘libre’ software) dan Perangkat lunak sumber terbuka (open source software)

Perangkat lunak bebas (free software) merupakan sebuah istilah yang diciptakan oleh Richard Stallman serta Free Software Foundation yang mengarah pada perangkat lunak yang bebas untuk dipakai, dipelajari serta diubah dan bisa disalin dengan atau tanpa modifikasi, atau juga beberapa keharusan untuk memastikan bahwa dalam kebebasan yang sama tetap bisa dinikmati oleh pengguna-pengguna berkutnya. Bebas disini memiliki arti dalam menggunakan, mengubah, mempeljari, mejual atau menyalin sebuah perangkat lunak, seseorang tidak harus meminta izin dari siapa pun.

  • Perangkat lunak gratis (freeware)

Perangkat lunak gratis merupakan sebuah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis dipakai tanpa ada batas waktu, berbeda dari shareware yang memiliki kewajiban untuk pengguna membayar (contoh setelah jangka waktu percobaab tertentu atau untuk mendapatkan fungsi tambahan).

Para pengembang perangkat gratis sering membuat perangkat gratis “untuk disubangkan kepada komunikasi”, tetapi juga tetap ingin bertahan dalam hak cipta mereka sebagai pemgembang serta mempunyai kontrol terhadap pemgembang selanjutnya. Terkadang bila para pemrogram memtuska untuk berhenti mengembangkan sebuah peroduk perangkat gratis, mereka akan memberikan kode sumbernya kepada pemrograman lain atau membagikan kode sumber tersebut kepada umum sebagai perangkat lunak bebas.

  • Perangkat lunak uji coba (shareware / trialware)

Perangkat lunak kongsi (Shareware lebih mengacu pada perangkat lunak bermilik yang disediakan untuk pengguna tanpa membayar secara uji coba serta sering dibatasi terhadap kombinasi dari fungsi, kenyamanan, atau ketersediaan.

Perangkat lunak kongsi sering ditawarkan sebagai unduhan dari sebuah situs web atau untuk cakram padat dengan disertai sebuah bacaan seperti majalah atau koran. Alasan dibalik pearngkat lunak kongsi ialah memberikan pembeli kesempatan utnuk mencoba memakai program sebelum membeli lisensi untuk versi lengkap dari perangkat lunka kongsi itu.

  • Perangkat lunak perusak (malware)

Perangkat lunak perusak, Perangkat lunak berbahaya (malware, berasal dari lakuran kata malicious serta software) merupakan  sebuah perangkat lunak yang dibuat utnuk menyusup atau merusak sistem komputer, peladen atau jejaring komputer tanpa izin termaklum (informed consent) dari pemilik. Istilah tersebut merupakan istilah yang biasa dipakai oleh pakar komputer untuk mengartikan berbagai jenis perangkat lunak atau kode perangkat lunak yang mengganggu. Istilah ‘virus komuper’ terkadang digunakan sebagai pemikat (catch phrase) sebagai pencakup semua macam perangkat lunak berbahaya, termasuk juga virus murni (frue virus).

Demikian Penjelasan Tengan Definisi Macam-Macam Perangkat Lunak Komputer, Aplikasi, Pengolah Angka Dan Data Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendididkan.Com 😀