Definisi Koperasi Konsumsi Dan Koperasi Produksi

Posted on

Definisi Koperasi Konsumsi Dan Koperasi Produksi

GuruPendidikan.Com – Dalam hal ini koperasi merupakan organisasi bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama. Koperasi melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan.

Definsi Koperasi Konsumsi Dan Koperasi Produksi

Untuk hal demikian ini prinsip koperasi merupakan suatu sistem ide-ide abstrak yang merupakan petunjuk untuk membangun koperasi yang efektif dan tahan lama. Prinsip koperasi terbaru yang dikembangkan International Cooperative Alliance “Federasi Koperasi non-pemerintah internasional” adalah:

  • Keanggotaan yang bersifat terbuka dan sukarela.
  • Pengelolaan yang demokratis.
  • Partisipasi anggota dalam ekonomi.
  • Kebebasan dan otonomi.
  • Pengembangan pendidikan, pelatihan dan informasi.

Untuk keunggulan kemungkinan koperasi sendiri untuk memperoleh keunggulan komparatif dari perusahaan lain cukup besar mengingat koperasi mempunyai potensi kelebihan antara lain pada skala ekonomi, aktivitas yang nyata, faktor-faktor precuniary dan lain-lain.

Fungsi Dan Peran Koperasi

Menurut undang-undang No. 25 tahun 1992 pasal 4 dijelaskan bahwa koperasi memiliki fungsi dan peranan antara lain yaitu mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota dan masyarakat, berupaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia, memperkokoh perekonomian rakyat, mengembangkan perekonomian nasional, serta mengembangkan kreativitas dan jiwa berorganisasi bagi pelajar bangsa.

Koperasi berbentuk “Badan Hukum” menurut undang-undang No. 12 tahun 1967 ialah “Organisasi” ekonomi rakyat yang berwatak sosial, beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi yang merupakan tata susunan ekonomi sebagai usaha bersama, berdasarkan asas kekeluargaan. Kinerja koperasi khusus mengenai perhimpunan koperasi harus bekerja berdasarkan ketentuan undang-undang umum mengenai organisasi usaha “perseorangan, persekutuan, dsb” serta hukum dagang dan hukum pajak.

Definisi Koperasi Konsumsi

Untuk hal ini koperasi konsumsi artinya ialah koperasi yang menyediakan barang-barang keperluan yang dapat langsung digunakan “keperluan harian akan barang”, misalnya; beras, gula, perkakas, dan alat-alat tulis. Apabila koperasi hanya memiliki dan mengelola unit usaha pertokoan saja untuk memenuhi kebutuhan konsumsi anggota dan masyarakat, maka koperasi ini disebut dengan “koperasi konsumsi”.

loading...

Definisi Koperasi Produksi

Untuk hal ini koperasi produksi ialah koperasi yang menampung barang-barang yang dihasilkan atau diproduksi oleh para anggota. Misalnya, tahu, tempe, koperasi susu, koperasi hasil kerajinan. Apabila koperasi hanya memiliki dan mengelola unit usaha produksi “mengolah bahan menjadi bahan/barang lain” hingga menghasilkan barang, maka koperasi ini disebut “koperasi produksi”.

Demikianlah pembahasan mengenai Definisi Koperasi Konsumsi Dan Koperasi Produksi semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga: