Definisi Bentuk Susunan Tulang Daun Dalam Biologi

Posted on

GuruPendidikan.Com – Daun meerupakan salah organ tumbuhan yang tumbuh dari ranting, yang biasanya berwarna hijau (mengandung klorofil) dan memiliki fungsi sebagai penangkap energi dari cahaya matahari untuk fotosintesis. Daun juga merupakan organ yang sangat penting bagi tumbuhan dalam melangsungkan hidupnya karena tumbuhan ialah organisme autotrof obligat, ia harus memasok kebutuhan energinya sendiri yang melalui konversi cahaya matahari menjadi energi kimia.

Bentuk Susunan Tulang Daun

Daun sempurna miliki susunan dari tiga bagian yaitu:

  • Pelepah
  • Tangkai (petioles)
  • Dan helai daun

Pelapah daun mendudukkan daun pada batang. Tangkai daun menghubungkan pelepah atau batang dengan helai daun. Sedangkan pada helai daun merupakan bagian terpenting dari kebanyakan daun karena di sinilah fungsi utama daun tersebut yang sebagai organ fotosintetik paling sangat dominan bekerja.

Bentuk helai daun sangat beragam, namun biasanya berupa helaian, bisa tipis atau juga tebal. Dalam gambaran dua dimensi daun digunakan sebagai pembeda bagi bentuk-bentuk daun. Yang bentuk dasar daun membulat yang dengan variasi cuping menjari atau menjadi elips dan memanjang. Untuk bentuknya ekstremnya dapat meruncing panjang.

Untuk perhiasan pada daun bermacam-macam. Pada permukaan daun bisa di tumbuhi oleh rambut-rambut kecil. Yang diantara pangkal daun atau tangkai daun sering kali dihiasi dengan daun pemumpu. Pada daun rumput-rumputan di bagian perbatasan helai dan pelepah seringkali dihiasi lidah-lidah (ligula).

Fungsi Daun

  • Tempat Terjadinya Fotosintesis
    Pada tumbuhan dikotil, terkadinya fotosintesis dijaringan parenkim palisade. Sedangkan pada tumbuhan monokotil, fotosintesis terjadi pada jaringan spons.
  • Sebagai Organ Pernapasan
    Didaun terdapat stomata yang berfungsi sebagai organ repirasi seperti: tempat terjadinya transpirasi, tempat terjadinya gutasi dan alat perkembangbiakan vegetatif. Contoh: pada tanaman cocor bebek (tunas daun).

Bentuk Susunan Tulang Daun

Salah satu cara untuk mengidentifikasi pada tumbuhan biasanya dapat dilihat dari morfologinya. Di lihat dari morfologinya bentuk susunan tulang daun ialah sebagai berikut.

  • Tulang Dau Melengkung
    Bentuk tulang daun melengkung seperti garis-garis lengkung. Yang ujung-ujung tulang daun melengkung terlihat menyatu. Contoh: daun sirih, eceng gondok dan daun genjer.
  • Tulang Daun Sejajar
    Bentuk tulang daun sejajar seperti garis-garis lurus yang sejajar. Contoh: tebu, padi dan semua jenis rumput.
  • Tulang Daun Menyirip
    Tulang daun menyirip berbentuk seperti susunan sirip ikan. Contoh: daun mangga, daun jambu dan daun nangka.
  • Tulang Daun Menjari
    Bentuk tulang daun menjari seperti susunan jari-jari tangan. Contoh: daun pepaya, daun singkong dan daun jarak.

Demikianlah pembahasan mengenai Definisi Bentuk Susunan Tulang Daun Dalam Biologi semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: