Ciri-Ciri Bakteri Mycoplasma Dalam Biologi

Posted on

GuruPendidikan.Com – Dalam hal ini Mycoplasma merupakan genus bakteri yang terdiri dari sejumlah spesies yang berbeda. Yang menurut Mayo Clinic, Mycoplasma pneumoniae merupakan salah satu spesies bakteri yang bertanggung jawab untuk bentuk ringan dari pneumonia infeksi paru-paru. Bagi orang yang terinfeksi dengan bakteri Mycoplasma mungkin juga mengalami sakit tenggorokan atau bronkitis.

Ciri-Ciri Bakteri Mycoplasma

Klasifikasi Mycoplasma

Pada bakteri genus Mycoplasma dikelompokkan dalam filum Tenericutes, kelas Molicutes, Ordo Mycoplasmatales dan famili Mycoplasmataceae. Yang semua anggota Mollicutes tidak memiliki dinding sel dan memiliki genom khas kecil. Genom yang berisi semua DNA organisme, kode untuk protein yang memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Karakteristik Mycoplasma

Karakteristik yang paling mencolok dari bakteri dalam genus Mycoplasma ialah kurangnya dinding sel. Dinding sel bakteri yang membantu memberikan struktur sel. Kelangsungan hidup bakteri Mycoplasma terhadap antibiotik tertentu ialah kuat, karena banyak antibiotik menargetkan dinding sel bakteri ini untuk membantu membunuh infeksi.

Dengan kurangnya dinding sel juga membuat Mycoplasma lebih rentan terhadap lisis atau ledakan sel, ketidakseimbangan osmotik. Dalam ketidakseimbangan osmotik, jumlah yang lebih tinggi dari partikel di kedua sisi luar atau di dalam sel yang dapat menyebabkan air mengalir ke dalam atau keluar dari sel, yang sehingga deformaso dan kemungkinan kerusakan sel.

Morfologi Sel

Memiliki diameter sekitar 100-200 mikrometer, sel Mycoplasma ialah beberapa bakteri terkecil yang pernah ditemukan. Dengan ukuran kecil tapi dapat menimbulkan masalah dalam teknik penyaringan sterilisasi.

Mycoplasma membutuhkan sumber kolesterol luar, biasanya diperoleh dari makanan yang dicerna manusia, untuk biosintesis sel. Kolesterol dalam membran plasma memiliki kepentingan khusus pada bakteri yang tidak memiliki dinding sel, untuk membantu menjaga kekakuan sel.

loading...

Infeksi

Selain pneumonia yang disebabkan oleh Mycoplasma pneumoniae, spesies Mycoplasma lainnya menyebabkan infeksi pada manusia. Mycoplasma genitalium menyebabkan infeksi urogenital yang mungkin bisa diteruskan ke pasangan saat berhubungan seks tanpa kondom.

Mycoplasma gallisepticum menyebabkan penyakit pernapasan kronis pada berbagai jenis burung tapi bukan biro penyebab infeksi manusia. Agen lain bukan infeksi pada manusia tapi hewan, Mycoplasma hyopneumoniae menyebabkan peneuminia enzootik babi atau pneumonia pada babi dan ternak lainnya.

Studi Genetik

Mycoplasma memiliki kehormatan yang berbeda karena memiliki genom pertama yang sepenuhnya buatan ditanamkan ke dalam sel bakteri yang dapat berfungsi. Para ilmuwan di J. Craig venter Institute synthesized a sequence of DNA menanamkan ke dalam sel Mycoplasma yang tidak mengandung DNA. Sel kemudian dapat menggunakan informasi yang dikodekan pada DNA buatan untuk menyelesaikan replikasi DNA dan pembelahan sel.

Demikianlah pembahasan mengenai Ciri-Ciri Bakteri Mycoplasma Dalam Biologi semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: