“Cermin Cembung” Pengertian & ( Sifat – Manfaat )

Posted on

“Cermin Cembung” Pengertian & ( Sifat – Manfaat )

GuruPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai cermin cembung yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, sifat dan manfaatnya. Pemanfaatan cermin cembung di kehidupan sehari-hari lumayan banyak, mulai dari cermin spion mobil, cermin spion motor, cermin diperempatan atau pertigaan tajam dan lainnya. Nah agar lebih untuk memahami dan dimengerti mengenai cermin cembung simaka saja uraian dibawah ini.

Pengertian Cermin Cembung

Cermin cembung merupakan cermin yang permukaannya berbentuk lengkung teratur ke luar. Bagian tengah cermin mempunyai jarak lebih dekat ke benda dari pada bagian tepinya. Ada sebuah titik imajiner yang menjadi pusat kelengkungan cermin yang memiliki jarak yang sama dengan setiap titik di permukaan cermin.

"Cermin Cembung" Pengertian & ( Sifat - Manfaat )

Bayangan yang dibentuk oleh cermin cembung ialah maya tegak diperkecil, cermin cembung banyak digunakan sebagai kaca spion kendaraan kaca pembantu pada persimpangan jalan untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Cermin awalnya terbuat dari kepingan atau lembaran logam mengkilap, biasanya logam perak atau tembaga apabila bayangan yang dipantulkan kembali ialah untuk dilihat tetapi juga bisa dari logam lain apabila hanya digunakan untuk memfokuskan cahaya.

Kebanyakan cermin moden terdiri dari lapisan tipis aluiminium disalut dengan kepingan kaca. Cermin ini disebut “sepuh belakang” dimana permukaan memantul dilihat melalui kepingan kaca. Pelapisan cermin dengan kaca membuat cermin tahan, tetapi mengurangi kualitas cermin karena tambahan biasanya permukaan depan kaca.

Cermin seperti ini membalikkan sekitar 80% dari cahaya yang datang. “Bagian belakang” cermin sering dicat hitam sepenuhnya untuk melindung logam dari pengikisan. Teleskop dan peralatan optik yang lain menggunakan cermin “sepuh depan” dimana permukaan pemantul diletakan di permukaan kaca. Yang memberikan kualitas bayangan lebih baik, kadang perak digunakan, tetapi kebanyakannya cermin ini menggunakan aluminium yang memantulkan gelombang pendek lebih baik dari perak.

Cermin sepuh depan memantulkan 90% hingga 95% dari cahaya datang. Karena logam berkarat dengan adanya oksigen dan kelembapan cermin sepuh hadapan perlu diganti permukaannya secara berulang untuk mempertahankan kualitas. Cara lain ialah tentunya menggunakan tempat vakum untuk menaruh cermin ini.

Kepantulan pelapisan cermin bergantung pada panjang gelombang cahaya dan juga pada logam itu sendiri hal ini dgunakan dalam kerja optik untuk menghasilkan cermin sejuk dan panas. Cermin sejuk dihasilkan dengan menggunakan substrat transparan dan bahan pelapisan yang memantulkan lebih banyak cahaya nampak dan merambatkan kurang cahaya inframerah.

Cermin panas ialah kebalikannya, lebih memantulkan cahaya inframerah. Permukaan cermin kadang diberikan pelapisan tambahan, untuk mengurangi degradasi permukaan dan meningkatkan kepantulan pada bagian-bagian spektrum yang akan digunakan. Misalnya cermin aluminium biasanya dilapisi dengan magnesium florida, kepantulan sebagai fungsi panjang gelombang bergantung kepada ketebalan pelapisan dan bagaimana lapisan tersebut diletakkan.

Sifat-Sifat Cermin Cembung

Cermin cembung memiliki sifat-sifat sebagai berikut:

"Cermin Cembung" Pengertian & ( Sifat - Manfaat )

  • Berkas sinar yang sejajar sumbu utama dipantulkan seolah-olah berasal dari titik fokus.
  • Cermin cembung bersifat menyebarkan cahaya atau disebut divergen.

Manfaat Cermin Cembung

Cermin cembung bermanfaat seperti:

  • Berkendara yang menggunakan kaca spion,
  • Pada cermin di persimpangan jalan,
  • Dan lain-lain.

Demikianlah pembahasan mengenai “Cermin Cembung” Pengertian & ( Sifat – Manfaat ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga: