“Cermin Cekung” Pengertian & ( Sifat – Manfaat – Kegunaan )

samhis setiawan

“Cermin Cekung” Pengertian & ( Sifat – Manfaat – Kegunaan )

GuruPendidikan.Com – Untuk kali akan membahas mengenai cermin cekung yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, sifat, manfaat dan kegunaan. Salah satu pemanfaatan cermin cekung dalam kehidupan sehari-hari yakni contohnya pada benda seperti lampu mobil, senter, antena radio, dan lainnya. Nah untuk lebih jelas dan agar dapat di mengerti dan memahaminya kalau begitu simak saja uraian dibawah ini.

Pengertian Cermin Cekung

Cermin cekung merupakan cermin yang berbentuk lengkung, dimana permukaan cermin cekung yang memantulkan cahaya melengkung ke belakang. Dalam optik yang paling sederhana ialah cermin. Ribuan tahun yang lalu cermin sudah dikenal bermula dari sebuah batu yang mengkilap, cermin sendiri terbagi kedalam 3 jenis yakni cermin datar, cermin cembung dan cermin cekung.

Dari namanya kita sudah dapat membayangkan rupa dari cermin ini. Benar cermin ini berbentuk cekung atau melengkung ke dalam. Cermin ini memiliki nama lain yakni Konkaf.

Ciri-ciri dari cermin ialah mengumpulkan sinar cahaya dan bersifat dua macam yakni maya dan nyata tergantung pada jarak dan letak benda atau objek yang ditaru di deoan cermin tersebut.

Sifat-Sifat Cermin Cekung

Cermin cekung memiliki sifat-sifat sebagai berikut:

  • Cermin cekung akan memantulkan sinar-sinar sejajar menuju titik fokusnya.
  • Cermin cekung bersifat mengumpulkan cahaya atau disebut konvergen.

Manfaat Dan Kegunaan Cermin Cekung

"Cermin Cekung" Pengertian & ( Sifat - Manfaat - Kegunaan )

  • Sebagai reflektor lampu mobil, lampu baca dan lain-lain.
  • Sebagai reflektor slide proyektor dan bioskop.
  • Sebagai reflektor tungku matahari.
  • Untuk memeriksa lubang gigi yang sakit.
  • Pada alat mikroskop bagian bawahnya terdapat cermin cekung.

Cermin cekung juga merupakan hasil dari pemantulan cahaya, hal ini menjadikan cermin cekung disebut konvergen atau mengumpulkan sinar.

Berbeda dengan cembung, cermin cekung dapat memantulkan cahaya sejajar pada titik fokus seperti cermin datar. Cermin cekung sendiri yang paling mudah terdapat pada lekukan sendok makan.

Dan sebaliknya bagian cembung pada sendok makan ialah cermin cembung, semoga penjelasan mengenai cermin cekung ini dapat menambah pemahaman terhadap pelajaran mengenai cermin cekung. Manfaat cermin cekung dapat disimpulkan tergantung pada letak benda terhadap titik fokus. Sebagian besar cermin cekung yang sejajar dengan titik fokus memiliki manfaat untuk mengumpulkan cahaya dan memantulkannya.

Demikianlah pembahasan mengenai “Cermin Cekung” Pengertian & ( Sifat – Manfaat – Kegunaan ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga:

Most popular articles related to “Cermin Cekung” Pengertian & ( Sifat – Manfaat – Kegunaan )
Shares