“Assessment” Pengertian & ( Fungsi – Tujuan – Jenis )

Posted on

“Assessment” Pengertian & ( Fungsi – Tujuan – Jenis )

GuruPendidikan.Com – Dalam perencanaan penilaian proses serta hasil belajar dan pembelajaran tidak dapat dilepaskan dari perencanaan pembelajaran itu sendiri. Penyusunan rencana penilaian merupakan rangkaian program pendidikan dan pembelajaran yang utuh dan merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya. Nah untuk lebiha jelas simak selengkapnyta mengenai Assessment, dibawah ini.

Pengertian Assessment

Assessment atau penilaian ini bisa disebut sebagai penerapan dan penggunaan berbagai cara dan alat untuk memperoleh baragam informasi mengenai hasil belajar dan ketercapaian kompetensi dari peserta didik.

Pada dasarnya, assessment merupakan istilah lain dari kata penilaian. Istilah Assessment atau penilaian sendiri sangat dekat dengan istilah evaluasi yang merupakan metode untuk mengetahui hasil belajat siswa. Jadi proses assessment ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui sebaik apa prestasi belajar dari para peserta didik.

Fungsi Assessment

Dalam suatu kegiatan belajar mengajar, assessment atau penilaian ini memiliki peranan yang sangat penting. Hal ini dikarenakan assessment memiliki 2 fungsi yakni fungsi formatif dan fungsi sumatif.

Fungsi Formatif

Yang dimana assessment digunakan untuk memberikan feedback atau umpan balik kepada para guru untuk dijadikan dasar dalam memperbaiki dan membenahi proses pembelajaran serta mengadakan remedial untuk para peserta didik.

Fungsi Sumatif

Yang merupakan untuk menentukan nilai hasil belajar siswa dalam satu mata pelajaran tertentu sehingga kemudian dapat dijadikan bahan dalam pemberian laporan, penentuan kenaikan kelas dan juga penentuan lulus atau tidaknya siswa.

Tujuan Assessment

Chittenden “1994” mengemukakan tujuan penilaian “assessment purpose” ialah “keeping track, checking-up, finding-out, and summing-up”.

Keeping Track

Yang merupakan untuk menelusuri dan melacak proses belajar peserta didik sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah ditetapkan. Untuk itu guru harus mengumpulkan data dan informasi dalam kurun waktu tertentu melalui berbagai jenis dan teknik penilaian untuk memperoleh gambaran tentang pencapaian kemajuan belajar peserta didik.

Checking-up

Yang merupakan untuk mengecek ketercapaian kemampuan peserta didik dalam proses pembelajaran dan kekurangan-kekuarangan peserta didik selama mengikuti proses pembelajaran. Dengan kata lain, guru perlu melakukan penilaian untuk mengetahui bagian mana dari materi yang sudah dikuasai peserta didik dan bagaimana dari materi yang belum dikuasai.

Finding-Out

Yang merupakan untuk mencari, menemukan dan mendeteksi kekurangan kesalahan atau kelemahan peserta didik dalam proses pembelajaran, sehingga guru dapat dengan cepat mencari alternatif solusinya.

Summing-up

Yang merupakan untuk menyimpulkan tingkat penguasaan peserta didik terhadap kompetensi yang telah ditetapkan. Hasil penympulan ini dapat digunakan guru untuk menyusun laporan kemajuan belajar ke berbagai pihak yang berkepentingan.

Jenis-Jenis Assessment

Ada beberap jenis assessment yang biasa digunakan, diantaranya ialah tes tertulis yang diberikan kepada para siswa untuk menjawabnya yaitu:

Performance Assessment

Performance Assessment ialah assessment yang meminta para peserta untuk mendemonstrasikan sekaligus mengaplikasikan pengetahuan dalam berbagai konteks yang diinginkan.

Penilaian Porfolio Dan Penilaian Proyek

Penilaian proyek ini merupakan tugas berupa sebuah investigasi mulai dari pengumpulan kemudian pengorganisasian dan pengevaluasian sampai dengan penyajian data.

Product Assessment Dan Self Assessment

Product assessment merupakan penilaian ketrampilan melalui pembuatan suatau produk tertentu. Sedangkan self assessment dilakukan sendiri oleh siswa atau guru bersangkutan untuk keperluan pengelolaan KBM di tingkat kelas, terakhir, jenis assessment juga bisa berupa penilaian sikap dan penilaian berbasis kelas.

Demikianlah pembahasan mengenai “Assessment” Pengertian & ( Fungsi – Tujuan – Jenis ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: